Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Pandemi Dorong Produsen Ban Gunakan Strategi Digital

Senin 01 Mar 2021 20:33 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Gajah Tunggal memanfaatkan berbagai digital platform channel untuk penjualan ban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menghadapi kompetisi yang ketat, tentu pabrikan dituntut untuk mampu melakukan strategi komunikasi yang tepat. Beragam langkah edukasi dan penguatan brand image dapat tersampaikan dengan optimal.

Hal itu pun dilakukan oleh PT Gajah Tunggal Tbk melalui brand IRC dan jadi salah satu produsen ban yang berupaya dalam menghadirkan strategi komunikasi yang efektif. Marketing Communication PT Gajah Tunggal Tbk, Swenanda Yoanne Maria mengatakan, IRC tetap dapat beradaptasi dengan baik di segala kondisi dan menjadi lebih dekat dengan konsumen berkat penerapan sejumlah strategi digital.

“Kondisi pandemi sekarang ini tidak menjadi halangan bagi PT Gajah Tunggal Tbk untuk terus memberikan inovasi kepada konsumen dengan memanfaatkan berbagai digital platform channel,"  kata Swenanda dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (1/3).

Komitmen itu diwujudkan oleh IRC dengan menciptakan GT Care yang tersedia di website IRC dimana konsumen bisa bertanya seputar ban IRC yang akan diterima dan direspon langsung. Sementara untuk penjualan ban, IRC terus aktif mengembangkan aplikasi Speedwork demi keamanan dan kenyamanan konsumen dalam membeli ban secara online.

Menurutnya, seluruh strategi komunikasi itu dilakukan oleh IRC karena pabrikan ini menyadari bahwa masyarakat membutuhkan sejumlah akses untuk mengetahu lebih dalam soal jenis dan fungsi ban. Hal ini tentu juga jadi hal yang krusial mengingat ban adalah komponen dalam kendaraan yang cukup vital dalam menyajikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Bahkan, strategi yang dilakukan oleh IRC itu berhasil meraih penghargaan TOP Digital PR Award 2021. Penghargaan yang diberikan oleh TRAS N CO itu berhasil diraih oleh IRC karena IRC selalu melakukan beragam inovasi dalam melakukan strategi komunikasi dengan konsumen.

"Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap IRC yang mampu mengimplementasikan pola dan strategi komunikasi melalui berbagai digital platform dan meningkatkan engagement dengan konsumen," ujarnya.

Menurutnya, beragam inovasi yang dihadirkan itu juga merupakan strategi untuk tetap dapat dekat dengan konsumen selama pandemi. Karena, kondisi pandemi di tengah era digitalisasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi PT Gajah Tunggal Tbk untuk terus melakukan inovasi agar dapat terus membuktikan eksistensi kepada masyarakat.

Penghargaan ini diperoleh karena IRC dinilai berhasil memenuhi tiga parameter penilaian di dunia digital yakni Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect dalam kurun waktu satu tahun terakhir yang dilaksanakan pada bulan November 2020 hingga Januari 2021. Survey dalam ajang ini dilakukan kepada 150 kategori bisnis pada lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia.

Parameter untuk Digital Media Aspect dalam ajang ini mengukur banyaknya pemberitaan media digital terhadap suatu brand atau perusahaan melalui google.co.id. Lalu, pada Social Engagement Aspect mengukur komunikasi dua arah yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen melalui media sosial Facebook dan Instagram. Sementara, Digital Mention Aspect mengukur banyaknya penyebutan/mention yang dilakukan konsumen pada konten di sosial media Facebook, Instagram dan Twitter.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA