Senin 01 Mar 2021 20:28 WIB

Moon Jae-in: Olimpiade Tokyo Bisa Perbaiki Hubungan 4 Negara

Korea Selatan akan bekerja sama dengan Jepang untuk menyukseskan Olimpiade Tokyo.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in
Foto: AP/Jeon Heon-kyun/Pool European Pressphoto Ag
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan Olimpiade Tokyo dapat memberikan kesempatan untuk membuka kembali pembicaraan antara Korea Utara dan Amerika Serikat (AS), Korea Utara dan Jepang, dan kedua Korea, Senin (1/3). Hubungan Seoul dengan Pyongyang dan Tokyo memburuk setelah negosiasi denuklirisasi dengan Washington gagal pada 2019.

"Pertandingan yang dijadwalkan tahun ini dapat menjadi kesempatan untuk dialog antara Korea Selatan dan Jepang, Korea Selatan dan Utara, Korea Utara dan Jepang, dan Korea Utara dan Amerika Serikat," kata Moon di taman umum di Seoul tempat para pejuang kemerdekaan mendeklarasikan kemerdekaan pada 1919 dari penjajahan Jepang.

Baca Juga

Berbicara pada upacara yang menandai peringatan 102 tahun Hari Gerakan Kemerdekaan 1 Maret di Seoul, Moon juga mengatakan, Korea Selatan akan bekerja sama dengan Jepang untuk menyukseskan Olimpiade Tokyo. Upaya itu dinilai dapat membantu kedua negara pulih dari dampak pandemi virus corona.

"Saya berharap Korea dan Jepang dapat menghidupkan kembali ekonomi kita, yang dilanda pandemi Covid-19, dan bersama-sama menciptakan tatanan baru di era pasca-Covid-19," ujar Moon.

Berusaha mengambil keterlibatan dari Olimpiade Musim Dingin 2018, Seoul menaruh harapan besar pada Olimpiade Tokyo untuk merevitalisasi diplomasi dengan Pyongyang. Meskipun ada ketidakpastian atas pandemi virus corona dan penghentian pertukaran Korea Utara dengan dunia luar.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement