Selasa 02 Mar 2021 06:05 WIB

China akan Keluarkan Laporan Pelanggaran HAM Amerika Serikat

China soroti penanganan Covid dan diskriminasi rasial di AS.

Hubungan AS dan China.
Foto: AP / Andy Wong
Hubungan AS dan China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING  -- Kantor Informasi Dewan Pemerintahan China dalam waktu dekat akan menerbitkan dokumen pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Amerika Serikat sepanjang 2020. Dokumen itu berjudul "Laporan Pelanggaran HAM di Amerika Serikat pada tahun 2020" yang terdiri atas 15 ribu karakter berbahasa Mandarin.

Dalam pernyataan resmi di Beijing, Senin, dewan kabinet China itu menjelaskan, laporan tersebut berisi fakta-fakta penanganan pandemi oleh pihak tidak berkompeten di Washington hingga menimbulkan peristiwa  tragis dan kekacauan demokrasi di AS.

Baca Juga

Hal itu menyebabkan tidak menentunya situasi politik, penderitaan etnis minoritas akibat diskriminasi rasial dan sosial yang berkelanjutan, hingga menyebabkan kerusuhan sehingga mengancam keamanan publik, dan meningkatnya polarisasi antara si kaya serta si miskin. Situasi ini memperburuk ketimpangan sosial. 

China juga menyoroti sikap AS yang melanggar aturan internasional hingga mengakibatkan bencana kemanusiaan. Pada 2020, pandemi Covid-19 telah mengacaukan dunia dan menjadi ancaman utama kehidupan umat manusia.

"Di AS, pandemi tersebut tidak terkontrol akibat tindakan yang gegabah," demikian laporan tersebut.

Baca juga : Pelapor PBB Serukan AS Sanksi Pangeran MBS

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement