Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Lomba Alquran dengan Hadiah Terbesar Sepanjang Sejarah

Senin 01 Mar 2021 19:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Qatar menjadi tuan rumah lomba Alquran dengan hadiah terbesar . Alquran (ilustrasi)

Qatar menjadi tuan rumah lomba Alquran dengan hadiah terbesar . Alquran (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Qatar menjadi tuan rumah lomba Alquran dengan hadiah terbesar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Awwal al-Awaa'il adalah kompetisi Alquran Syekh Jassim bin Muhammad bin Thani tingkat internasional. Hadiah dari lomba ini disebut-sebut menjadi yang terbesar dalam sejarah kompetisi Alquran di seluruh dunia.

Kompetisi Alquran tersebut diluncurkan pertama kali di Ibu Kota Qatar, Doha, pada 29 November 2016. Pemenang pertama dalam lomba itu mendapat hadiah utama yang belum pernah ada sebelumnya dalam sejarah lomba Alquran, yaitu 1 juta riyal Qatar atau 275 ribu dolar atau setara Rp 3,9 miliar dengan asumsi Rp 14.300 per dolar AS.

Baca Juga

Semua peserta dalam lomba tersebut menerima hadiah uang, dengan juri internasional diketuai Syekh Dr Ahmed Issa Al-Maasrawi. Penyelenggara menggelar lomba itu dengan tujuan memelihara Alquran agar dapat dihafal, dipahami, dan diamalkan.

Selain itu juga untuk meningkatkan taraf hidup para penghafal Alquran. Lomba ini juga bertujuan untuk mengobarkan semangat kompetisi yang terhormat di antara para pemelihara kitab suci Alquran dan berkontribusi dalam menyebarkan pemahaman terhadap Alquran.

Kompetisi tersebut juga menyoroti keinginan pemerintah Qatar untuk mengabdi pada Alquran dan rakyatnya. Panitia pembina kompetisi telah menetapkan syarat-syarat keikutsertaan dalam lomba itu. 

Di antaranya, kontestan harus memenangkan juara pertama dalam kompetisi internasional atau kompetisi Syekh Jassim bin Muhammad bin Thani untuk kategori Hafalan Alquran, secara penuh selama tiga tahun terakhir sebelum tahun kompetisi diadakan.

Berikutnya, kontestan harus menyerahkan bukti perolehan juara pertama. Kemudian, kontestan belum pernah menang di kategori yang sama.

Sumber: islam web 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA