Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Benarkah Wanita dalam Islam tak Punya Tanggung Jawab Nafkah?

Senin 01 Mar 2021 18:54 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Benarkah Wanita dalam Islam tak Punya Tanggung Jawab Nafkah?

Benarkah Wanita dalam Islam tak Punya Tanggung Jawab Nafkah?

Foto: Republika/Thoudy Badai
Perempuan dalam Islam telah diberi keamanan finansial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, keamanan finansial lebih terjamin bagi perempuan. Perempuan dalam Islam telah diberi keamanan finansial yang lebih dibandingkan dengan pria.

Misalnya, perempuan berhak menerima mahar perkawinan yang dapat disimpan sebagai harta benda, pendapatan saat ini hingga masa depan, untuk keamanan si perempuan itu. Lantas sesungguhnya, bagaimana hak finansial perempuan yang diatur dalam Islam?

Dilansir di Islamweb, tidak ada perempuan yang sudah menikah diharuskan mengeluarkan sepeser pun dari properti dan pendapatannya untuk rumah tangga. Perempuan yang sudah menikah berhak atas dukungan finansial penuh selama pernikahan dan selama iddah (masa tunggu setelah perceraian) jika terjadi perceraian. Dan tak hanya itu, jika dia sudah memiliki anak, dia juga berhak atas tunjangan anak.

Baca Juga

Tidak ada tanggung jawab nafkah

Seorang perempuan dalam Islam tidak memikul kewajiban finansial apa pun dalam hal nafkah. Hanya laki-laki yang memikul tanggung jawab tersebut dalam keluarga. Adalah kewajiban ayah atau saudara laki-lakinya, sebelum dia menikah untuk menjaga aspek tempat tinggal, sandang, dan keuangannya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA