Senin 01 Mar 2021 16:58 WIB

Porsche Galang Dana Bangun Supercar Listrik Rimac

Porsche memiliki 15,5 persen saham di Rimac Automobili

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Logo Porsche.
Foto: REUTERS/Maxim Zmeyev
Logo Porsche.

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT--Unit Volkswagen, Porsche berpartisipasi dalam upaya mengumuplkan dana bagi Rimac Automobili yang berambisi membuat supercar listrik. Perusahaan milik Mate Rimac tersebut menargetkan dapat mengumpulkan dana sekitar 130 juta hingga 150 juta euro  atau Rp 2,25 triliun hingga 2,6 triliun sebagai modal usaha.

Pemilik Rimac Automobili, Mate Rimac, mengatakan penggalangan dana harus diselesaikan dalam dua hingga tiga bulan dan putaran lain direncanakan pada akhir tahun. Porsche memiliki 15,5 persen saham di Rimac Automobili dan dapat meningkatkan kepemilikannya menjadi sedikit di bawah 50 persen dalam kesepakatan yang juga akan mencakup pengalihan merek supercar Volkswagen, Bugatti ke Rimac.

CEO Porsche, Oliver Blume mengatakan awal bulan ini diskusi intensif tentang masa depan Bugatti sedang berlangsung. Ia menambahkan Rimac dapat berperan karena merek tersebut sesuai dengan teknologi, menambahkan bahwa keputusan mengenai ini diharapkan pada paruh pertama tahun 2021.

Rimac telah mengembangkan platform supercar listrik, yang disuplai ke produsen mobil lain, termasuk Automobili Pininfarina."Supercar memiliki pasar yang terbatas, pasar komponen jauh lebih besar. Itulah mengapa kami berencana untuk memperluas perusahaan kami," kata pengusana asal Kroasia tersebut. Itu termasuk rencana untuk lebih dari dua kali lipat jumlah tenaga kerja Rimac Automobili pada awal 2023 menjadi 2.500 dari 1.000 pekerja saat ini.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement