Senin 01 Mar 2021 14:20 WIB

Pendapatan Industri Kecantikan Indonesia 2020, Capai Rp 99 T

Angka pendapatan itu tumbuh 2,84 persen dari tahun sebelumnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Bisnis klinik kecantikan terus tumbuh positif seiring pertumbuhan pendapat masyarakat Indonesia dan perubahan gaya hidup masyarakat.
Foto: Istimewa
Bisnis klinik kecantikan terus tumbuh positif seiring pertumbuhan pendapat masyarakat Indonesia dan perubahan gaya hidup masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bisnis klinik kecantikan terus tumbuh positif seiring pertumbuhan pendapat masyarakat Indonesia dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data dari BPS  pendapatan industri kecantikan Indonesia sebesar 7,095 miliar dolar Amerika atau Rp 99,33 triliun (US$1 = Rp 14.000) pada 2020. 

Angka itu, tumbuh 2,84 persen dari tahun sebelumnya. Namun, pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5,59 persen.

Melihat hal tersebut, Skinsolution beauty centre klinik hadir di tengah masyarakat yang pada saat ini sedang menggandrungi perawatan wajah. Menurut Pemilik SkinSolutionBeauty Centre Rizki Ananda Musa, klinik miliknya hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat yang ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. 

"SkinSolution Beauty Centre adalah klinik pertama yang mempunyai peralatan modern serta harga penawaran perawatan kulit yang murah " ujar Rizki saat soft opening SkinSolution Beauty Centre klinik pada hari Ahad, (28/2) di kawasan Geger Kalong Bandung.

Menurut Rizki, menghadapi masa pandemi covid 19 ini, pihaknya melakukan beberapa inovasi agar usaha kliniknya bisa terus berkembang. Di antaranya melakukan online booking, promo diskon produk dan treatment, serta memilih brand ambasador untuk membantu promosi usaha kliniknya.

Terkait respon pasar selama pandemi ini, kata Rizki, konsumen di kliniknya setiap hari ramai. Karena klinik miliknya aktif berpromosi di media sosial.

"Klinik kita mempunyai tagline klinik anti mahal, jadi para konsumen bisa menikmati berbagai macam pelayanan di sini tanpa harus memikirkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan karena harga yang ditawarkan berbeda jauh dengan klinik kecantikan lainnya," papar Rizki.

Sementara menurut Laila Rachma selaku Manager klinik, ada beberapa produk perawatan yang ditawarkan di klinik tersebut. Di antaranya perawatan RF (Radiologi Frekuensi) yang berfungsi untuk menghancurkan lemak, perawatan HIFU yang bertujuan untuk mengencangkan kulit , perawatan HIFU V yang bertujuan mengencangkan daerah kewanitaan.

Menurutnya, perawatan wajah saat ini tidak hanya di gemari oleh wanita. Tapi, kaum pria pun banyak yang gemar melakukan perawatan wajahnya. 

"Di klinik ini tidak hanya melayani  untuk wanita saja, tetapi untuk pria pun kita bisa melakukan perawatan kulitnya serta kita memiliki 4 dokter yang dimana bisa setiap hari kecuali hari minggu melakukan konsultasi," papar Laila.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement