Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Ilmuwan Temukan Cara Sederhana untuk Lawan Covid-19

Senin 01 Mar 2021 13:29 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda

Ilustrasi Covid-19. Para ilmuwan menemukan sesuatu yang sederhana untuk membantu mengalahkan infeksi virus corona jenis baru (Covid-19).

Foto:
Olah raga meningkatkan produksi sel kekebalan dalam tulang yang melawan infeksi.

Para peneliti menempatkan tikus di kandang dengan roda yang sedang berjalan dan menemukan bahwa berlari menyebabkan jumlah sel Oln + dan CLP yang lebih tinggi di sumsum tulang. Tikus dengan sel Oln + mengekspresikan protein saluran ion mekanosensitif Piezo1, sedangkan mutan memiliki jumlah CLP rendah yang tidak normal.

Kesimpulannya, olah raga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya, ini dapat menyebabkan respons kekebalan yang lebih baik pada infeksi.

Jika kesimpulan yang sama berlaku untuk manusia, pendekatan dan protokol baru untuk mencegah dan mengobati penyakit menular dapat dikembangkan. Para peneliti juga menemukan bahwa jumlah sel Oln + dan CLP lebih rendah di sumsum tulang tikus berusia 18 bulan dibandingkan hewan berusia 2 bulan.

Semua hewan aktif menunjukkan bahwa faktor lain telah mengurangi ekspresi sel tersebut, yang dapat menyebabkan masalah sistem kekebalan. Penulis artikel pendamping mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah olahraga dapat meningkatkan pembersihan bakteri pada tikus.

Satu hal lainnya yang perlu diteliti adalah apakah olahraga dapat meningkatkan respons terhadap vaksinasi. Studi ini diterbitkan di jurnal Nature.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA