Senin 01 Mar 2021 12:34 WIB

Menang Golden Globes, Minari Tuai Kontroversi

'Minari' merupakan film yang diproduksi Amerika Serikat (AS).

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Minari memenangkan penghargaan untuk kategori Film Terbaik Berbahasa Asing di 78th Golden Globes.
Foto: Youtube
Minari memenangkan penghargaan untuk kategori Film Terbaik Berbahasa Asing di 78th Golden Globes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minari memenangkan penghargaan untuk kategori Film Terbaik Berbahasa Asing di 78th Golden Globes. Asosiasi Pers Asing Hollywood (HPFA) mengadakan Penghargaan 78th Golden Globes, yang mengumumkan Minari sebagai pemenang Film Terbaik - Bahasa Asing, Ahad (28/2) waktu setempat.

Dilansir Soompi pada Senin (1/3), tahun lalu, Parasite membawa pulang penghargaan yang sama di 77th Golden Globes. Ini menjadikannya film Korea pertama dalam sejarah memenangkan penghargaan itu.

Baca Juga

Namun, karena Minari adalah film Amerika, ada banyak kontroversi mengenai keputusan untuk menempatkan Minari dalam kategori Bahasa Asing, alih-alih membiarkannya bersaing untuk penghargaan kategori Film - Drama Terbaik. Meskipun film tersebut adalah produksi AS dengan sutradara Amerika yang difilmkan di Amerika Serikat (AS) dengan sebagian besar pemeran Amerika, tetapi peraturan klasifikasi HPFA menentukan bahwa film apa pun yang lebih dari 50 persen dalam bahasa selain bahasa Inggris, maka tidak memenuhi syarat untuk masuk ke dalam perlombaan gambar terbaik.

Disutradarai oleh Lee Isaac Chung, Minari bercerita tentang sebuah keluarga imigran Korea Selatan yang mencoba membuat kehidupan baru di pedesaan Amerika selama 1980an. Film yang didasarkan pada pengalaman nyata sutradara itu dibintangi oleh Steven Yeun, Han Ye-ri, Alan Kim, Noel Kate Cho, Youn Yuh-jung, dan Will Patton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement