Senin 01 Mar 2021 23:10 WIB

Deretan Figur Publik Memilih Sunat Saat Dewasa

Deretan figur publik seperti Marshel Widianto memilih sunat dengan teknik Gun Stapler

Artis pemeran film Laundry Show Marshel Widianto. Deretan figur publik seperti Marshel Widianto memilih sunat dengan teknik Gun Stapler
Foto: Republika/Prayogi
Artis pemeran film Laundry Show Marshel Widianto. Deretan figur publik seperti Marshel Widianto memilih sunat dengan teknik Gun Stapler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam medis, sunat diartikan sebagai tindakan pemotongan kulit yang menutupi kepala penis. Sunat umumnya dilakukan saat usia anak-anak, namun kini sudah banyak laki-laki dewasa yang melakukannya.

Pria dewasa sudah tidak malu-malu lagi mengungkapkan keinginan untuk disunat. Saat ini, semakin banyak yang menyadari khitan atau sunat bukan lagi sekedar menjalankan ajaran agama, tetapi juga untuk kesehatan. 

Lihat saja sejumlah public figure ini tidak malu-malu mempublish dirinya disunat di saat usia dewasa. Ada aktor dan komika Marshel Widianto, Genki Sadamatsu seorang Youtuber dan komedian asal Jepang yang kini menetap di Indonesia, serta Rizky Youtubers.Marshel membenarkan dirinya disunat di usia ke-23. Meski ia bukan beragama Islam, namun disadari sunat penting untuk kesehatan, terutama menjaga kebersihan penis. 

Mereka pun menceritatakan pengalaman disunat saat usia dewasa di Youtube channel mereka masing-masing. Mereka menyadari sunat dianjurkan oleh WHO karena prosedur ini dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual.

Sebut saja seperti Human papillomavirus (HPV) dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Juga dapat mencegah penyakit pada penis seperti kanker penis.

Genki bercerita di Jepang sendiri sunat adalah hal yang lumrah sebagai upaya menjaga kebersihan diri. Itu sebabnya, ia memutuskan disunat.

"Saya bukan mau masuk Islam, tidak juga untuk menikah, tapi ini untuk kesehatan. Dan, siapa tahu juga saya nanti menikah dengan orang Indonesia dan kemungkinan masuk Islam. Jadi, saya sudah siap-siap dari sekarang,"  kata Genki dalam channel Youtube "Genki Banget".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement