Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Menteri KKP Bakal Larang Ekspor Benih Lobster

Ahad 28 Feb 2021 19:41 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Mas Alamil Huda

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Foto: dok. KKP
Trenggono menyebut benih lobster adalah kekayaan bangsa dan alam Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono mengaku akan melarang ekspor benih lobster. Trenggono menyebut benih lobster adalah kekayaan bangsa dan alam Indonesia.

"Dia (benur) hanya boleh dibudidaya sampai kemudian ukuran konsumsi karena nilai tambah ada di ukuran konsumsi," ujar Trenggono dalam siaran di akun Instagram KKP, Ahad (28/2).

Trenggono menyebut pembiaran ekspor benih bening lobster (BBL) hanya akan menguntungkan negara lain. Sementara Indonesia justru akan dirugikan.

"Kalau BBL yang dijual misalnya tidak tahu harganya berapa, itu yang kaya itu negara yang membeli karena dia tahan satu tahun saja dia sudah bisa mendapat angka yang berpuluh-puluh atau beratus-ratus persen kenaikan," ucap Tranggono.

Oleh karenanya, Trenggono dengan tegas bakal melarang ekspor benih lobster ke depan. Trenggono berkaca dari kasus ekspor benih lobster yang menjerat mantan menteri kelautan dan perikanan sebelumnya, Edhy Prabowo.

"Sekarang di zaman saya ini saya katakan sudah di-hold akibat dari kasus itu, saya nyatakan di depan Anda semua, pasti akan saya berhentikan," kata Trenggono.

KKP, kata Trenggono, akan meminta bantuan Kapolri dalam pencegahan terjadinya ekspor benih lobster. Trenggono mengaku hanya memperbolehkan benih lobster untuk budidaya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA