Ahad 28 Feb 2021 19:03 WIB

Kisah Rakyat di Andalusia Berjuang Pertahankan Kota Malaga

Kisah Rakyat Biasa di Andalusia Berjuang Pertahankan Kota Malaga

Kota Malaga di Spanyol
Foto: google.com
Kota Malaga di Spanyol

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jatuhnya Andalusia dan transfer kekuasaan dari Muslim ke Castilian, muncul cerita penganiayaan dan penindasan yang menyeruak. Jatuhnya kota-kota terus berlanjut. Banyak cerita tentang usaha mempertahankan Tanah Air mereka.

Salah satunya adalah kisah tentang seorang pahlawan Muslim, yang mungkin tidak cukup terkenal, yaitu Hamed al-Zoghbi atau juga dikenal Hamid al-Thaghri. Jadi pada 1487 M, Raja Abu Abdullah Muhammad XII, yang dijuluki "raja kecil", salah satu dari dua raja Granada, yang terbagi antara dia dan pamannya, pindah untuk melawan pamannya Abu Abdullah Muhammad ke-13 yang dijuluki Zagl. Di sini orang-orang Castilia bergegas ke Granada untuk memasukinya, memanfaatkan konflik tersebut.

Ketika berita tentang kepindahan Castilia tiba, para tokoh Granada bergegas untuk menengahi antara paman dan keponakannya untuk mencapai perdamaian dan menghindari pertempuran.

Kedua pihak sepakat untuk membagi Granada menjadi dua bagian pada saat kerajaan Aragon dan Castile dipersatukan oleh pernikahan Raja Fernando dan Ratu Isabella. Dan lagi, konflik meningkat, dan pertempuran pecah, dan konflik berkecamuk lagi antara Zagl dan keponakannya, raja kecil.

Fernando mengambil keuntungan dari kembalinya pertempuran antara kedua sisi Granada dan maju untuk mengepung kota Malaga, di ujung selatan di pantai Mediterania, dan salah satu kota selatan terpenting, pada tahun 1488 Masehi. Fernando menekan orang-orang Malaga dan memperketat pengepungan.

Sehingga para bangsawan pun berkonsultasi, yang dipimpin oleh kepala kota dan pedagang utama, Ali Darduq, dan mencapai kesepakatan untuk menyerahkan kota mereka karena ketika mereka menyadari bahwa tidak ada gunanya perlawanan.

Hal ini lantaran kotanya sudah dikepung dari darat dan laut dengan pasukan besar Fernando. Persediaan makanan dan persediaan lainnya juga sudah dicegah.

Saat itulah muncul seorang pemimpin dari rakyat biasa, Hamid al-Thaghri, yang berupaya mempertahankan kota. Dia menolak menyerahkan kota dan menyatakan siap melawan. Sejumlah kalangan yang setuju menyerahkan kota pun berusaha menggoda Hamid untuk menerima penyerahan kota, dan sebagai gantinya akan diberi 4 ribu dinar.

Lantas Hamid berkata, "Aku telah mengambil alih kota untuk melindunginya, bukan untuk menyerahkannya."

Hamid Al-Zoghbi berhasil mengendalikan situasi selama beberapa waktu, dan tentara Kastilia mulai membombardir kota dengan tank. Serangan Kastilia di menara kota semakin intensif, sehingga para pejuang menghentikan mereka berulang kali, tetapi orang Castilia pada akhirnya dapat menduduki salah satu menara kota.

Lalu Hamid memerintahkan untuk melakukan penggalian di bawahnya dan membakarnya. Memang, rencana Zoghbi berhasil, karena menara itu jatuh ke tangan mereka yang ada di dalamnya. Hamed menolak untuk menyerah dan terus melawan dan bertempur, dan tentara Castilia telah membuat menara kayu di dekat benteng untuk bisa melompat ke kota. Perlawanan yang dipimpin oleh Hamid berulang kali menghadapi serangan ini.

Seiring waktu, persediaan berkurang, makanan habis, dan orang-orang Malaga menjadi semakin lapar. Dan Fernando menolak untuk memasok makanan, dan menyatakan bahwa keselamatan bagi orang-orang Malaga adalah jika mereka menyerahkan kota.

Para penyerang Castilia semakin mempersempit kota dan membakar jembatan paling penting menuju kota. Sebagian besar Muslim terbunuh, yang membuat sebagian besar kalangan elite saat itu memohon agar Hamed Al-Thughri menyerah agar tidak ada lagi pertumpahan darah.

Pasukan Fernando mampu menyerbu bagian kota pada akhirnya, tetapi Hamid Al-Zoghbi dan orang-orang yang bersamanya dari para pejuang terus melawan sampai mereka mengusir pasukan Fernando ke luar tembok kota.

Zoghbi dihantam batu ketapel dan bendera jatuh dari tangannya. Masyarakat Malaga mengira masalah sudah selesai, maka mereka mengirim lagi ke Fernando meminta penyerahan kota dengan syarat keamanan. Tetapi Fernando bersikeras bahwa penyerahan itu tanpa syarat, sehingga orang-orang Malaga mengirimi Fernando berita.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement