Ahad 28 Feb 2021 18:27 WIB

'Gerebek Masker' Jadi Ikhtiar Warga Warakas Lawan Covid-19

Kegiatan ini dilakukan dengan menghampiri mereka yang kedapatan tak pakai masker.

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Macam-macam cara masyarakat Ibu Kota melindungi sekitarnya dari virus corona. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga di Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Sabtu (27/2) malam WIN.

Warga si RW 04, RW 06, RW 08 dan sekitarnya mengadakan 'gerebek masker'. Kegiatan ini dilakukan dengan menghampiri mereka yang kedapatan tak menggunakan masker saat beraktivitas di luar. Masker gratis pun dibagikan agar warga patuh dengan salah satu unsrur protokol kesehatan tersebut.

Kegiatan sudah digelar sejak sebulan lamanya oleh unsur Kelurahan Warakas, FKDM, LMK, RW, RT, Mitra Jaya, Pokdarkamtibmas, Satpol PP didampingi tiga pilar yaitu Lurah, Babinsa, Bimas. 

"Saya apresiasi dan mendukung kegiatan gerebek masker ini dan mengimbau prokes secara humanis dari segenap elemen yang ada di kelurahan Warakas," kata Lurah Warakas Makhrus Nugroho.

"Kegiatan berkala dan terus menerus ini agar dapat dilaksanakan tanpa henti karena dengan kebersamaan ini diharapkan masyarakat sadar pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi ini khususnya dimasa PPKM Mikro ini bisa terpelihara dan diterapkan. Semoga pandemic ini dapat segera berakhir," kata Makhrus menambahkan.
 

Kegiatan ini dilakukan dengan memberhentikan semua pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Kepala RW 06 Kelurahan Warakas Rajin Atika sangat senang acara ini rutin dijalankan. 

 

photo
Kegiatan Gerebek Masker Warakas. - (Dok. Krw)

"Tentu ini menjadi tugas kita semua ya. Bukan hanya RW saja, masyarakat juga harus terlibat dan sadar menggunakan masker. Pengurus juga harus sering mengingatkan memakai masker bila hendak berpergian dan secara tidak langsung dengan berbagi masker itu sama saja mengingatkan warga nya sehat," kata dia.

Organisasi terbesar yang ada di Kelurahan Warakas, Mitra Jaya Koramil Tanjung Priok, juga turut menurunkan anggotanya dalam kegiatan ini. "Kita harus lawan virus ini dengan bermasker," ujar Ketua Mitra Jaya Kelurahan Warakas, Bang Romdhoni.

Ketua Mitra Jaya Kelurahan Warakas, Bang Romdhoni  menambahkan, dengan 270 anggota yang ada, pihaknya senang bisa ikut membantu kegiatan yang dilaksankan sepekan sekali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement