Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Album K-Pop Terlaris Sepanjang Masa

Ahad 28 Feb 2021 15:42 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Album BTS berjudul Map of the Soul: 7 menjadi album K-pop terlaris sepanjang masa.

Album BTS berjudul Map of the Soul: 7 menjadi album K-pop terlaris sepanjang masa.

Foto: billboard.com
Grup BTS mendominasi peringkat 10 album terlaris K-pop terlaris.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Popularitas musik K-pop yang kian meluas turut berkontribusi terhadap besarnya penjualan album grup K-pop. Tak sedikit album grup K-Pop yang berhasil mencapai penjualan sebanyak satu juta kopi.

Ada beberapa cara untuk mengukur penjualan album di Korea. Salah satunya melalui Gaon Music Chart yang diperkenalkan oleh Korea Music Content Association (KMCA) pada 2010. Recording Industry of Korea juga dapat menjadi acuan untuk mengetahui penjualan album K-pop yang terverifikasi.

Penjualan album K-pop sempat menurun ketika layanan streaming masuk ke Korea Selatan. Hanya beberapa album saja yang penjualannya berhasil menembus satu juta kopi pada periode akhir tahun 2000-an dan awal 2010-an.

Namun, dalam beberapa tahun ke belakang penjualan album K-pop mengalami perbaikan. Tak sedikit grup K-pop yang penjualan albumnya berhasil menembus satu juta kopi.

Berikut ini adalah 10 album K-pop yang berhasil menduduki peringkat penjualan tertinggi sepanjang masa, seperti dilansir di laman South China Morning Post, Ahad (28/2):

1. Map of the Soul: 7 dari BTS 

Album yang diluncurkan bertepatan dengan perayaan tujuh tahun kiprah BTS ini menjadi album K-pop dengan penjualan tertinggi sepanjang masa. Album yang dirilis pada 2020 ini berhasil terjual sebanyak 4,4 juta. 

2. Map of the Soul: Persona dari BTS

Album yang dirilis pada 2019 memiliki angka penjualan hampir empat juta, yaitu 3,94 juta. Album yang mendapatkan banyak respons positif ini memiliki beberapa lagu unggulan seperti "Boy with Luv" featuring Halsey, dan "Make It Right".

3. Love Yourself: Answer dari BTS

BTS kembali merajai puncak penjualan album dengan Love Yourself: Answer. Album yang dirilis pada 2018 ini terjual sebanyak 2,74 juta kopi. Album final dari trilogi Love Yourself ini turut mengahdirkan single kolaborasi dengan rapper Nicki Minaj.

4. BE dari BTS

Dirilis pada 2020, album BE berhasil terjual sebanyak 2,71 juta kopi. Edisi terbaru dari BE telah dirilis pada pekan lalu, sehingga penjualan terbaru dari album ini mungkin akan semakin meningkat. Salah satu lagu unggulan dalam lagu ini adalah "Goes On".

5. Resonance dari NCT

Album yang terdiri dua bagian ini melibatkan 23 anggota NCT. Album yang dirilis pada 2020 ini terjual sebanyak 2,7 juta kopi dan memiliki empat single berbeda yaitu "Make a Wish (Birthday Song)", "From Home", "90s Love", dan "Work It".

6. Wings dari BTS

Album yang dirilis pada 2016-2017 ini berhasil terjual sebanyak 2,37 juta kopi. Wings dan album lanjutannya You Never Walk Alone merupakan salah satu album awal dari BTS yang penjualannya mencapai jutaan kopi. Album ini memiliki beberapa single ikonik seperti "Blood Sweat & Tears", "Spring Day", dan "Not Today".

7. Love Yourself: Tear dari BTS

BTS kembali mencetak penjualan tinggi melalui album yang dirilis pada 2018 ini. Album ini berhasil terjual sebanyak 2,37 juta kopi. Melalui album ini, BTS mengeksplorasi ide mengenai "Fake Love" sekaligus melanjutkan eksplorasi temati mengenai mencintai diri sendiri.

8. Love Yourself: Her dari BTS

Ini merupakan album pertama dari serial Love Yourself milik BTS. Album yang dirilis pada 2017 ini terjual hingga 2,36 juta kopi. "DNA" merupakan lagu pertama dari tujuh lagu yang terdapat di dalam album ini.

9. Don’t Mess Up My Tempo dari Exo

Don't Mess Up My Tempo berhasil terjual sebanyak 1,96 juta kopi. Album yang dirilis pada 2018 ini memiliki warna musik yang beragam mulai dari "Tempo" yang cappella-heavy hingga "Love Shot" yang smooth.

10. Chapter 3: Lies dari g.o.d

Album yang dirilis pada 2000 ini berhasil terjual sebanyak 1,84 juta kopi. Album ini berisikan lagu-lagu hit dari grup g.o.d seperti "Lies" dan "One Candle".

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA