Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

45 Anak Keracunan Makanan Saat Pesta Ulang Tahun

Ahad 28 Feb 2021 10:59 WIB

Red: Nora Azizah

Sebanyak 45 anak mengalami keracunan makanan saat pesta ulang tahun di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2), Timika (Foto: ilustrasi)

Sebanyak 45 anak mengalami keracunan makanan saat pesta ulang tahun di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2), Timika (Foto: ilustrasi)

Foto: Antara/Anis Efizudin
Saat ini, anak korban keracunan masih menjalani perawatan intensif di RS.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Sebanyak 45 anak mengalami keracunan makanan saat pesta ulang tahun di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2), Timika. Hingga kini, lima anak masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, Papua.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata di Timika, Ahad (28/2), menyebutkan, identitas lima anak yang masih dirawat di RSMM Timika itu terdiri atas Gilbert, Wismawati, Muhamad Bilal, Ignasius, dan Fabianus. Sementara beberapa anak lainnya sudah pulang.

"Masih ada lima orang yang dirawat di RSMM, sedangkan yang lainnya sudah pulang," kata Era.

Baca Juga

Kelima anak tersebut bersama puluhan rekan-rekan seusia mereka, bahkan beberapa di antaranya orang dewasa diketahui menghadiri acara ulang tahun salah satu rekan mereka di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2) pada Sabtu (27/2) malam. Susanti Rumbo, salah satu orang tua korban yang dua orang anaknya mengalami keracunan mengatakan, pesta ulang tahun dimulai pukul 14.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT.

Saat acara pesta ulang tahun berlangsung, tuan rumah menyediakan hidangan berupa nasi kuning. Kepanikan mulai muncul saat anak-anak kembali ke rumah masing-masing. 

Susanti mengatakan anak-anaknya mengalami gejala sakit kepala dan muntah-muntah. Menyadari anak-anaknya keracunan makanan, Susanti membawa kedua anaknya ke klinik kesehatan terdekat.

"Kata orang klinik itu, anak saya keracunan, dan disuruh pergi ke IGD RSMM," ucap Susanti.

Ternyata kondisi serupa juga dialami oleh anak-anak lainnya yang ikut menghadiri pesta ulang tahun di rumah keluarga yang beralamat di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2) itu.

"Sampai di rumah sakit, ternyata satu per satu orang tua dan anak yang ikut kegiatan ultah itu datang ke IGD juga," kata Susanti.

Era menambahkan, menu ulang tahun yang disediakan oleh tuan rumah berupa nasi kuning, lauk, telur dan mi dimasak sendiri oleh tuan rumah.

"Kami sudah mengambil sampel darah dari beberapa korban untuk diperiksa apa penyebab dari keracunan massal itu," kata Era.

Tak hanya di RSMM, sebagian korban dibawa berobat ke RS Chandra dan Klinik Petrosea. Korban diduga keracunan makanan itu tercatat berjumlah 45 anak-anak dan sembilan orang dewasa, termasuk anak dari tuan rumah penyelenggara pesta ulang tahun.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA