Sabtu 27 Feb 2021 22:40 WIB

Tip Merawat Payung Agar Tetap Awet

Payung bisa awet sampai lima tahun bila dirawat dengan baik dan benar.

Rep: Farah Noersativa Nabila/ Red: Yudha Manggala P Putra
Payung (ilustrasi)
Foto: PixaHive
Payung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Payung berfungsi baik sebagai penghalang hujan maupun panas matahari. Namun perawatannya kerap disepelekan. Padahal peranti ini dapat digunakan lama jika dirawat dan diperhatikan.

Pemilik jenama payung Jope Umbrella, Johanes Paulus mengatakan, dengan perawatan yang baik dan tepat, maka payung bisa awet bahkan sampai lima tahun lamanya.

Dalam perawatan payung, Johanes mengatakan, hal yang paling perlu untuk diperhatikan adalah cara penyimpanannya. Menurutnya, kebanyakan dari kita sering tak mengindahkan hal tersebut.

“Yang paling sering banyak rusak itu karena payungnya masih basah terkena hujan, lalu langsung dilipat, ditutup, dikunci, dan disimpan. Maka tak heran, ketika dibuka, payung menjadi karatan, lembab, lengket, dan bahkan jamuran,” jelas Johanes kepada Republika.co.id.

 

Dia mengatakan, cara menyimpan payung yang tepat adalah dengan mengeringkan payung yang basah sehabis terkena hujan terlebih dahulu. Setiap kali kita sehabis memakainya, pastikan payung kering sebelum dilipat dan disimpan. Setelah kering, kita baru bisa melipatnya.

Dalam melipatnya pun harus rapi, menuruti lekukan dan lipatan yang sudah ada sebelumnya. Penting bagi kita untuk mengikuti arah garis lipatan dan tidak asal melipat payung, sehingga rangka payung pun tidak akan rusak.

Sebab, jika payung tumbuh jamur pada kain payung, kita tidak bisa menghilangkannya. Dengan demikian, nilai estetik payung sendiri menjadi berkurang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement