Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

UII Helat Wisuda Secara Daring dan Luring Terbatas

Sabtu 27 Feb 2021 20:45 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: A.Syalaby Ichsan

Rektor Universitas Islam Indonesia, Fathul Wahid, saat jadi  pembicara dalam Konferensi Ilmiah Mahasiswa di Universitas Islam Sultan  Agung (Unissula), Jumat (18/10).

Rektor Universitas Islam Indonesia, Fathul Wahid, saat jadi pembicara dalam Konferensi Ilmiah Mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Jumat (18/10).

Foto: Dok UII
Wisuda UII kali ini diikuti oleh 701 lulusan

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) melaksanakan wisuda doktor, magister, sarjan dan diploma periode II dan III tahun akademik 2020/2021. Pandemi Covid-19 mengharuskan wisuda dilaksanakan secara daring dan luring terbatas.

Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, selama pandemi bumi seakan berputar lambat dan aktivitas yang dulunya dapat dijalankan dengan jarak fisik dekat kini tersendat. Karena itu, manusia dituntut  dapat bersiasat agar tetap bisa menghasilkan manfaat.

Uniknya, lanjut Fathul, dunia digital seakan menjadikan waktu berjalan lebih cepat. Dalam suasana menantang pandemi covid-19 yang memang menjadi musibah bersama ini, ia mengajak semua menghentikan ratapan dan menggantinya jadi harapan.

"Memang pandemi menjadi musibah bersama, tapi mari kita bersama mencari makna di dalamnya untuk mendapatkan berkah tersamar," kata Fathul, Sabtu (27/2).

Ia berpendapat, pola pikir positif seperti ini sangat penting untuk menyuntikkan semangat dan menambah imunitas. Bahkan, ia menambahkan, penelitian menemukan kalau emosi negatif seperti marah, frustasi dan stres hanya akan menurunkan imunitas.

"Karenanya, selingan humor sehat dalam kadar yang pas untuk menjaga energi positif akan sangat bermanfaat di tempat kerja dan juta di tempat interaksi sosial lainnya." ujar Fathul.

Wisuda kali ini diikuti 701 lulusan yang terdiri dari 23 ahli madya, 555 sarjana, 117 magister, dan enam doktor. Pelaksanaan wisuda secara luring terbatas mengambil tempat di Gedung Ki Bagoes Hadikoesoemo UII menerapkan protokol kesehatan ketat.

Wisuda dihadiri 13 pimpinan universitas dan fakultas bersama 36 lulusan perwakilan masing-masing prodi. Peserta telah lebih dulu menjalani rapid test/swab antigen, dan dilarang ke luar kota, diwajibkan berada di DI Yogyakarta satu pekan sebelum wisuda.

Selain peserta yang mengikuti wisuda menghadiri lokasi secara langsung, sebanyak 665 wisudawan dan wisudawati mengikuti prosesi wisuda secara daring. UII juga menyiarkan wisuda ini melalui kanal YouTube UII, sehingga bisa disaksikan keluarga wisudawan/i.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA