Sabtu 27 Feb 2021 20:37 WIB

MUI Kota Jakarta Selatan 2020 -2025 Resmi Dikukuhkan

Pihaknya akan membahas program-program yang mencerminkan Islam Rahmatan alamin

Rep: Ali Yusuf/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua Panitia Hari Santri Nasional yang juga Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Munahar Muchtar memaparkan penjelasan saat konferensi pers Hari Santri Nasional 2017 di Balai Kota Jakarta Barat, Selasa (17/10).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Panitia Hari Santri Nasional yang juga Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Munahar Muchtar memaparkan penjelasan saat konferensi pers Hari Santri Nasional 2017 di Balai Kota Jakarta Barat, Selasa (17/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, KH. Munahar Muchtar mengukuhkan pengurus MUI Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pengukuhan dan sekaligus Rapat Kerja Daerah I (Rakerda I) MUI Kota Jakarta Selatan ini digelar di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (25/2), dengan mengambil tema, "Meningkatkan Sinergi Organisasi Dalam Mengawal Aqidah dan Memberdayakan Potensi Umat".

Pengukuhan ini disaksikan langsung oleh Plt. Walikota Jakarta Selatan, Asisten Walikota Jakarta Selatan, Pimpinan MUI kecamatan se Jakarta Selatan, Pimpinan Dewan Masjid Indonesia Kota Jakarta Selatan, serta tokoh lainnya. 

Dalam sambutannya, Ketua MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar menyampaikan, MUI Jakarta Selatan harus tegas menjalankan tugasnya untuk kepentingan umat dan sesuai koridornya. Ia juga mengingatkan agar jangan mudah terpengaruh dengan persepsi luar yang tidak sesuai dengan umat dan cenderung mengadu domba. 

"Ulama harus menenangkan umat, termasuk dalam isu-isu yang berkembang saat ini, termasuk isu banjir yang sesungguhnya pemimpin DKI Jakarta, Pak Gubernur sudah sangat baik dalam mengatur dan mengurus serta menangani permasalahan umat atau masyarakat DKI Jakarta" katanya melalui keterangan tertulisnya. 

Plt. Walikota Jakarta Selatan, Drs. Isnawa Adji, M. yang turut membuka Rakerda I ini, menyambut baik pengukuhan dan Rakerda I MUI Jakarta Selatan. Pihaknya siap bersinergi dengan MUI Jaksel dalam menjalankan program-programnya. 

"Atas nama Pemerintah Kota Jakarta Selatan, menyambut baik pengukuhan ini dan akan lebih bersinergi dengan program-program MUI sampai dengan tingkat Kecamatan atau dibawahnya," kata Isnawa dalam sambutannya. 

Sementara itu, Ketua MUI Jakarta Selatan, KH. A. Nawawie Hakam, Lc mengungkapkan, dalam rapat kerja pertama ini, akan membahas tentang program-program yang mencerminkan Islam Rahmatan alamin. Pihaknya juga akan mewaspadai rongrongan dari nilai-nilai yang merusak Islam, seperti radikalisme serta aliran-aliran sesat, sehingga umat tidak terombang ambing aqidahnya. 

Selain itu, pada kegiatan ini juga diselenggarakan pendalaman buku karya MUI Pusat yang berjudul "Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia". 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement