Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Islam Datang Menghapus Paganisme, Apa Tujuannya? 

Sabtu 27 Feb 2021 18:44 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Kedatangan Islam untuk menghapus paganisme di muka bumi . Ilustrasi ibadah

Kedatangan Islam untuk menghapus paganisme di muka bumi . Ilustrasi ibadah

Foto: Antara//Adeng Bustomi
Kedatangan Islam untuk menghapus paganisme di muka bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kedatangan Islam mengeluarkan manusia dari kegelapan, kesyirikan, dan kekufuran. Islam membawa manusia pada cahaya yang benar, pada kemurnian iman. Kedatangan Islam mengakhiri paganisme dan kesesatannya. 

Dan dalam waktu singkat Rasulullah SAW membangun Islam yang luhur, keyakinan yang benar dan kuat. Kedatangan Islam menyeru untuk beribadah menyembah pada Allah Yang Esa. Meniadakan semua berhala, memperbaiki individu, keluarga, masyarakat, dan menghapuskan segala perbedaan. 

Islam datang dengan hanya menilai manusia berdasarkan ketakwaan, dan amal saleh. Sehingga bangsa Arab pun mengalami perubahan sosial yang begitu drastis. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat al-Hujarat ayat 13: 

Baca Juga

إن أكرمكم عند الله أتقاكم إن الله عليم خبير “Sesungguhnya yang paling milia di antara kamu di sisi Allah adalah yanh paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Yang Mahamengetahui, Mahamengenal.” 

Islam datang dan melawan kesesatan, kejahiliyahan serta dari praktik sihir, serta semua ajaran-ajaran sesat termasuk meratapi kematian. Sebagaimana sabda nabi: 

ليس منا من شق الجيوب ولطم الخدود، ودعا بدعوى الجاهلية “Bukanlah dari golongan kami orang yang menyobek pakaian dan menampar-nampar pipi, dan berteriak-teriak dengan teriakan orang-orang jahiliyah.” (HR Muslim).  

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA