Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Kasus Gubernur Sulsel, KPK Bekerja Sesuai Prosedur Hukum

Ahad 28 Feb 2021 00:09 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah

Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK Ali Fikri

Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK Ali Fikri

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak yang terlibat OTT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri memastikan lembaganya telah bekerja sesuai dengan prosedur hukum. Hal itu dikatakan terkait penangkapan terduga korupsi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah pada Sabtu (27/2) dini hari. "Kami pastikan KPK bekerja sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," ujar Ali Fikri di Jakarta, Sabtu (27/2).

Lanjut Ali, KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang tertangkap tangan, termasuk Nurdin Abdullah. KPK juga berharap pihak-pihak lain menunggu proses yang saat ini sedang berlangsung. "Dalam waktu 1x24 jam kami akan segera menentukan sikap dari kegiatan tangkap tangan ini," ungkap Ali.

Sebelumnya, Juru bicara Gubernur Sulawesi Selatan, Veronica Moniaga, menegaskan Nurdin tidak ditangkap melalui proses Operasi Tangkap Tangan (OTT). Justru atasannya tersebut dijemput secara baik-baik di kediamannya. "Bapak Gubernur tidak melalui proses Operasi Tangkap Tangan, melainkan dijemput secara baik di rumah jabatan Gubernur pada dini hari, ketika beliau sedang beristirahat bersama keluarga," ujar Veronica, Sabtu (27/2).

Baca Juga

Menurut Veronica, meskipun belum mengetahui penyebab dijemput, namun Nurdin mengikuti prosedur yang ada. Hal ini mengingat bahwa berdasarkan keterangan petugas KPK yang datang, Nurdin akan dimintai keterangan sebagai saksi. 

"Bapak Gubernur berangkat bersama ajudan dan petugas KPK, tanpa disertai adanya penyitaan barang bukti, karena memang tidak ada barang bukti yang dibawa serta dari Rujab Gubernur," jelas Veronica.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA