Sabtu 27 Feb 2021 16:46 WIB

Rahasia Doa Sapu Jagat yang Digemari Rasulullah SAW 

Rasulullah SAW gemar membaca doa sapu jagat dalam hari-harinya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW gemar membaca doa sapu jagat dalam hari-harinya. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Rasulullah SAW gemar membaca doa sapu jagat dalam hari-harinya. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad ﷺ senantiasa memohon kepada Allah SWT dengan doa sapu jagat untuk segala kebaikan. Doa ini dapat menyatukan antara kebaikan dunia dan akhirat.

Dikutip dari laman Saaid pada Sabtu (27/2), doa ini disebut yang paling terlengkap dan terbaik. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ "Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar"

(Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.) (HR Bukhari dan Muslim).

Ibnu Katsir menyatakan, doa sapu jagad ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan. 

Yang dimaksud kebaikan dunia adalah nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal shalih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بن صهيب، قال: سأل قتادة أنسا: أي دعوة كان أكثر ما يدعوها النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ قَالَ: يَقُولُ «اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ» كَانَ أَنَسٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا، وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا

Dari Isma'il bin Ibrahim, Abdul Aziz bin Shuhaib menceritakan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement