Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Pertamina Pasok BBM Untuk Alutsista TNI

Sabtu 27 Feb 2021 14:23 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Anggota TNI berdiri di antara deretan truk tangki sebelum melakukan pendistribusian BBM di Integrated Terminal Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Pertamina dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia kembali melanjutkan kerja sama pemenuhan kebutuhan energi di Lingkungan Kemhan RI dan TNI untuk tahun 2021. Kerja sama ini tertuang dalam Penandatangan Kesepakatan Bersama Jual Beli Bahan Bakar Minyak (BBM), Pelumas, dan Bahan Bakar Gas (BBG) antara Kemhan RI dan PT Pertamina (Persero).

Foto:
Selain pasok BBM, Pertamina dan TNI juga dukung program Langit Biru

Sementara itu, Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan RI, Marsda TNI, N. Ponang Djawoto turut menyampaikan penghargaannya atas dilanjutkannya kembali kerja sama yang telah terjalin antara Kemhan RI dan Pertamina. Kesepakatan bersama ini menurutnya sudah sesuai dengan prosedur dan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan BBM, Pelumas, dan BBG di lingkungan Kemhan RI dan TNI.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 143/PMK.05/2018, kesepakatan bersama yang ditandatangani hari ini akan menjadi dasar dan acuan pelaksanaan kegiatan distribusi dan penyaluran BBM, Pelumas, dan BBG diseluruh lingkungan Kemhan RI dan TNI. Kesepakatan ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh masing-masing unit operasi untuk menyusun kebutuhan BBM, Pelumas, dan BBG sesuai dengan yang sudah dianggarkan untuk tahun 2021,” jelas Marsda TNI, N Ponang Djawoto.

Marsda TNI, N. Ponang Djawoto berharap, kesepakatan bersama ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga Kemhan RI dan TNI dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal dalam menjaga kedaulatan negara. 

 

“Sekali lagi kami sampaikan penghargaan kepada Pertamina atas kesepakatan bersama yang kita setujui pada hari ini. Secara teknis maupun non teknis, dukungan BBM, Pelumas, dan BBG dari Pertamina merupakan kontribusi yang dapat meningkatkan penyelenggaraan fungsi Sistem Kekuatan Pertahanan Negara,” tutup N Ponang Djawoto.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA