Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Demokrat Masih Tunggu Pelantikan Empat Calon Kepala Daerah

Sabtu 27 Feb 2021 11:35 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Indira Rezkisari

Sejumlah bendera dari Partai Demokrat berkibar. Partai Demokrat masih menanti pelantikan empat kepala daerah lainnya.

Sejumlah bendera dari Partai Demokrat berkibar. Partai Demokrat masih menanti pelantikan empat kepala daerah lainnya.

Foto: Antara/M Irsyal Hidayat
Dua di antara calon kepala daerah Demokrat masih dalam sengketa Pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat menyambut baik pelantikan Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang, dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansen T. Padan, serta pelantikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Rosjonsyah. Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan tersisa empat daerah lagi, dengan dua daerah lainnya masih dalam  kelanjutan proses sengketa Pilkada yaitu Kalimantan Selatan dan Provinsi Jambi.

"Kami tentu berharap dan mendoakan agar Prof. Deny Indrayana SH., MH sukses dalam gugatannya di Mahkamah Konstitusi," kata Kamhar dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Sabtu (27/2).

Sementara itu dua calon gubernur lainnya menunggu akhir masa jabatan gubernur saat ini yaitu Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah. Selain itu untuk Sulteng Paslon yang diusung juga memperoleh kemenangan yaitu pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir. Untuk pelantikan hasil Pilkada kabupaten/kota, Kamhar menyebut dari 170-an daerah yang dilaksanakan secara serentak pada Jumat 26 Februari 2021, terdapat 80 daerah atau 47 persen diantaranya adalah Paslon yang diusung Partai Demokrat.
"Di mana 41 daerah atau 51 persen dari itu adalah kader Partai Demokrat, baik sebagai Calon bupati/wali kota maupun sebagai calon wakil bupati/ wakil wali kota," ujarnya.

Kamhar mengatakan, dari 41 daerah itu terdapat kader-kader utama Partai Demokrat seperti Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Eka Putra yang telah dilantik sebagai Bupati Tanah Datar, Anggota FPD DPR-RI dua periode (2009-2019) Verna Gladis Mery Inkiriwang sebagai Bupati Poso, Anggota Majelis Tinggi Partai, Cellica Nurachadiana yang telah dilantik untuk periode kedua sebagai Bupati Karawang, dan mantan Anggota FPD DPR-RI (2009-2014) R.H. Agus Bastian, yang telah dilantik untuk periode kedua sebagai Bupati Purworejo.

"Peningkatan perolehan hasil Pilkada serentak 2020 yang lalu, di mana Partai Demokrat memperoleh hasil melampaui target yang telah ditetapkan tentunya menjadi energi tersendiri, apalagi lebih dari separuh kemenangan yang diraih mengusung kader internal Partai Demokrat," tuturnya.

Kamhar menyampaikan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimuti Yudhoyono (AHY) menaruh harapan besar kepada kader-kader Partai Demokrat yang mendapatkan mandat rakyat sebagai kepala daerah untuk menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab untuk memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat. AHY juga berpesan agar para kepala daerah bisa menempatkan kepentingan rakyat sebagai yang utama dan terutama untuk diperjuangkan dan diwujudkan.

"Kader-kader yang dipercaya rakyat memimpin daerah adalah etalase partai, yang jika sukses memimpin daerah, akan memberikan insentif politik bagi partai. Rakyat akan semakin percaya dan cinta Partai Demokrat," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA