Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Bupati dan Wabup Ciamis Jalani Isolasi Mandiri

Sabtu 27 Feb 2021 10:53 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Indira Rezkisari

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjalani vaksinasi Covid-19 suntikan pertama, Selasa (16/2). Pada Sabtu (27/2), Bupati Ciamis dan Wabub Ciamis mengumumkan kondisi positif Covid-19.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjalani vaksinasi Covid-19 suntikan pertama, Selasa (16/2). Pada Sabtu (27/2), Bupati Ciamis dan Wabub Ciamis mengumumkan kondisi positif Covid-19.

Foto: Humas Pemkab Ciamis
Jajaran pemerintahan Setda Ciamis akan bekerja 75 persen dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Waki Bupati (Wabup) terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua pimpinan daerah itu berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, Bupati dan Wabup Ciamis langsung melaksanakan isolasi mandiri. "Saat ini Bupati Ciamis beserta keluarga menjalani isolasi mandiri di Pendopo Ciamis. Sedangkan Wabup Ciamis beserta istri menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya," kata dia melalui keterangan resmi, Sabtu (27/2).

Terkait jalannya pemerintahan di lingkungan Setda Ciamis, Ani mengatakan, untuk sementara akan memberlakukan bekerja di kantor (WFO) sebanyak 25 persen. Sementara sisanya, sebanyak 75 persen bekerja dari rumah (WFH).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Bayu Yudiawan, mengatakan bahwa terpaparnya Bupati dan Wabup dipastikan bukan terpapar akibat vaksin Covid-19. Ia menjelaskan, kedua pimpinanya tertular Covid-19 dari lingkungan sekitar.

"Antibodi spesifik (kekebalan spesifik) setelah divaksin membutuhkan waktu untuk menjadi optimal sekitar satu bulan dan masih perlu penguatan (booster) suntikan kedua supaya antibodi bisa lebih optimal. Itu berkesinambungan dan membutahkan waktu yang variatif rata-rata satu bulan," ujar dia.  

Bayu menerangkan, terpaparnya Bupati sangat dimungkinkan karena berkaitan dengan tuntutan kinerja. Sebab, kegiatan Bupati Ciamis begitu padat serta membutuhkan banyak mobilisasi dan interaksi.

Sebelumnya, Bupati dan Wabup Ciamis mengumumkan secara terbuka bahwa mereka berdua terpapar Covid-19. Pengumunan itu disampaikan langsung melalui akun Youtube Diskominfo Ciamis.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA