Jumat 26 Feb 2021 20:44 WIB

BUMN Geo Dipa Energi Bangun BTS Dukung Aktivitas Siswa PJJ

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat bekerja dan belajar dilakukan di rumah.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah siswa belajar secara daring dengan memanfaatkan akses internet gratis.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Sejumlah siswa belajar secara daring dengan memanfaatkan akses internet gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Geo Dipa Energi (persero) unit Patuha bekerja sama dengan PT Telkom membangun self supporting tower atau Base Transceiver Station (BTS) 4 kaki sepanjang 42 meter di Patuha, Desa Sugihmukti, Kabupaten Bandung. BTS tersebut diharapkan dapat menunjang siswa yang berada di wilayah sekitar untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Humas PT Geo Dipa Energi unit Patuha, Maria Rahmawati mengatakan, pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat bekerja dan belajar dilakukan di rumah. Namun, tidak semua masyarakat dapat mengakses internet termasuk di wilayah Patuha, Kabupaten Bandung.

Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan PT Telkom mendirikan BTS yang dapat memudahkan masyarakat mengakses internet. Khususnya bagi siswa yang akan melakukan belajar daring atau pembelajaran jarak jauh.

"Internet merupakan sebuah keniscayaan di saat harus bekerja dan belajar dari rumah. BTS yang didirikan mampu menjangkau tiga wilayah perkebunan teh di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu," ujarnya melalui keterangan pers yang diterima, Jumat (26/2).

Dia menuturkan, total penduduk yang berada di wilayah tersebut kurang lebih mencapai 7.735 jiwa yang dapat terfasilitasi dengan kehadiran BTS. Diharapkan dengan keberadaan BTS di Patuha dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses internet.

Maria menambahkan, pihaknya berupaya terus membangun infrastruktur jaringan internet di sekitar wilayah operasional perusahaan yang belum dapat mengakses internet bahkan listrik. Selain itu, dengan keberadaan BTS dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Geo Dipa Energi unit Patuha berusaha meningkatkan akses internet masyarakat melalui berbagai program pembangunan infrastruktur telekomunikasi di bawah program berkelanjutan Indonesia Merdeka Sinyal," katanya.

Pihaknya juga telah menyusun program peningkatan ekonomi. Di antaranya pemasangan listrik masuk kampung, pemasangan internet gratis di prasarana umumm serta program bantuan pendidikan siswa berprestasi.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement