Jumat 26 Feb 2021 19:35 WIB

Depok akan Fasilitasi PMKS Bekerja

Dua PMKS yang telah selesai dibina tersebut akan diarahkan untuk bekerja.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Depok akan Fasilitasi PMKS Bekerja (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Depok akan Fasilitasi PMKS Bekerja (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,DEPOK -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok berkomitmen untuk menfasilitasi para gelandangan dan pengemis atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Tujuannya agar para PML yang terjaring kemudian selesai pembinaan akan ditindaklanjuti untuk tidak kembali ke jalan.

Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, pihaknya akan mengasesmen dan menelusuri para PMKS yang terjaring. Setiap jenis PMKS berbeda-beda penangannnya. 

"Kami telah merehabilitasi PKMS yang menjadi manusia silver, beberpa waktu lalu. Mereka perempuan kepala keluarga yang mencari nafkah. Ada dua orang yang discreening dengan edukasi etika dan sebagainya. Kami ingin membina karena mereka terbiasa di jalanan," ujar Nita di Balai Kota Depok, Jumat (26/2).

Menurut Nita, dua PMKS yang telah selesai dibina tersebut akan diarahkan untuk bekerja. Pihaknya pun melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti rumah sakit yang membuka lowongan pekerjaan. 

"Alhamdulillah keduanya sekarang diterima kerja sebagai office girls. Keduanya merupakan warga Kelurahan Sukmajaya. Mereka akan bekerja dengan masa percobaan  selama tiga bulan sambil terus dipantau baik dari sisi loyalitas, sopan santun dan etika. Setelah melewati itu baru kemudian dikontrak untuk menjadi pegawai," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan kepada PMKS. Langkah itu untuk memastikan mereka dapat hidup lebih baik. "Kami ingin setelah direhab, mereka akan menjadi manusia mandiri dan tidak kembali lagi ke jalan," pungkas Nita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement