Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Kaderisasi Ulama Perempuan akan Jadi Inspirasi Dunia

Jumat 26 Feb 2021 18:00 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan

Perempuan Berhijab hijab memakai jilbab (ilustrasi)

Perempuan Berhijab hijab memakai jilbab (ilustrasi)

Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Indonesia sudah punya modal sosial, kultural, dan sejarah tentang keulamaan perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI) bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga (PRK) Nyai Badriyah Fayumi menyambut baik rencana Masjid Istiqlal mengader dan melahirkan ulama perempuan. Menurut dia, pengkaderan ulama perempuan ini akan menjadi inspirasi dunia.

"Kita menyambut dengan sangat baik inisiatif (rencana pengkaderan ulama perempuan) yang sudah disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal (KH Nasaruddin Umar) ini," kata Nyai Badriyah saat diwawancarai Republika, belum lama ini.

Ia mengatakan, pihaknya yakin program yang akan dilaksanakan Masjid Istiqlal itu berjalan dengan baik. Mengingat, KH Nasaruddin Umar sudah punya rekam jejak yang panjang dalam hal kajian Islam dan perempuan. Ia menerangkan, Imam Besar Masjid Istiqlal juga punya keterlibatan dengan gerakan perempuan. "Jadi kalau beliau menginisiasi pengkaderan ulama perempuan, saya pikir itu bagian dari komitmen total beliau dan ini akan menjadi inspirasi dunia," ujar dia.

Nyai Badriyah mengatakan,  Istiqlal  sebagai masjid terbesar di Indonesia ini akan memiliki peran dalam mencetak dan melahirkan ulama perempuan. Jadi, MUI khususnya Komisi PRK sangat mengapresiasi, mendukung, dan siap bekerja sama. Komisi PRK MUI juga punya salah satu program yang berorientasi pada keulamaan perempuan.

Ia juga menerangkan, Indonesia sebenarnya sudah punya modal sosial, kultural, dan sejarah tentang keulamaan perempuan. "Insya Allah itu akan menjadi bagian dari perkembangan Islam Indonesia untuk dunia dan Masjid Istiqlal sangat representatif untuk itu karena Istiqlal masjid terbesar di Indonesia dan simbol masjid nomor satu di Indonesia, yaitu Istiqlal," jelas dia.

Nyai Badriyah mengungkapkan, Indonesia juga bangga punya Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI). KUPI ini menjadi ruang perjumpaan untuk peneguhan eksistensi dan peran ulama perempuan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA