Jumat 26 Feb 2021 17:25 WIB

Mendikbud Apresiasi UMM Peringkat Pertama Kampus Islam Dunia

Nadiem Makarim mendoakan pendidikan tinggi Muhammadiyah semakin maju.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan apresiasinya untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank.

"Saya Mendikbud Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang telah berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank, yakni Universitas Muhammadiyah Malang pada peringkat satu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada peringkat empat, serta Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat delapan," ujarnya melalui video singkat berdurasi sekitar satu menit yang viral pada Jumat (26/02).

Nadiem berharap, prestasi yang diraih tersebut dapat menjadi semangat bagi seluruh universitas di bawah naungan Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Selain itu, kampus Muhammadiyah juga bisa membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

"Selamat dan sukses pada perguruan tinggi Muhammadiyah. Semoga tetap konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas secara kompetensi dan pendidikan karakter," ujar Nadiem yang juga pendiri Gojek tersebut.

"Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah. Lanjutkan perjuangan untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi secara profesional, sesuai perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) berdasarkan nilai-nilai Islam untuk Indonesia maju dan harum di kancah internasional," ujar Nadiem menambahkan.

Wakil Rektor I UMM, Prof Syamsul Arifin menyampaikan, capaian Kampus Putih meraih peringkat pertama versi UniRank merupakan pengakuan secara internasional sebagai giat mewujudkan visi UMM 2030. "Tentu ini akan menjadi pemicu dan energi positif bagi sivitas akademika UMM untuk terus meningkatkan capaian-capaian internasional,” ujarnya.

Syamsul menuturkan, saat ini, beberapa program studi (Pprodi) UMM yang telah meraih sertifikasi dan akreditasi internasional. Di antaranya, Prodi Manajemen, Peternakan, Pendidikan Biologi (sertifikasi Asean University Network Quality Assurance) dan Teknik Industri (akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Sementara itu, prodi lainnya juga sedang dalam proses internasionalisasi. "Jadi akan banyak prodi yang terakreditasi secara internasional. Ini sebagai penanda kalau kita akan terekognisi, sehingga dosen-dosen dengan mudah bisa berjejaring dan para alumni bisa diakui di level ASEAN, maupun internasional dan tentu saja nasional," kata Syamsul.

Rektor UMM Dr Fauzan gembira dengan pencapaian UMM yang meraih peringkat teratas dalam kampus Islam versi UniRank. "Terima kasih kepada semua civitas akademika yang telah bekerja keras hingga UMM mampu terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," ucap Fauzan.

Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank didasarkan pada beberapa kriteria. Di antaranya, telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara yang bersangkutan, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral) serta melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan nonjarak jauh.

Berikut urutannya:

  1. Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia)
  2. Iran University of Science and Technology (Iran)
  3. Cairo University (Mesir)
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia)
  5. Umm Al-Qura University (Saudi Arabia)
  6. Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran)
  7. Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia)
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia)
  9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia)
  10. Universitas Islam Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement