Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Kata Demokrat Soal Konvensi Capres Nasdem

Jumat 26 Feb 2021 15:31 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato. Ilustrasi

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato. Ilustrasi

Foto: Antara Foto
Mekanisme serupa pernah juga dilakukan Partai Demokrat dalam menghadapi Pilpres 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat menanggapi terkait rencana Partai Nasdem yang akan melakukan konvensi calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa Partai Demokrat menghargai langkah yang Partai Nasdem tersebut.

"Kami menghargai dan menghormati pandangan dan pilihan cara yang akan ditempuh Partai Nasdem dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2024 dengan melakukan konvensi," kata Kamhar kepada Republika.co.id, Jumat (26/2).

Kamhar mengatakan mekanisme serupa pernah juga dilakukan Partai Demokrat dalam menghadapi Pilpres 2014 lalu. Menurutnya setiap partai punya cara yang berbeda-beda. Keputusannya akan diambil tentunya dengan mencermati kondisi internal dan eksternal partai serta proyeksi peta jalan kompetisi Pilpres mendatang.

"Keputusan yang diambil akan melihat posisi strategis dan mengutamakan kepentingan strategis partai sebagai respons atas proses gerak dan dinamika perubahan dalam waktu," ucapnya.

Kamhar mengatakan, sampai saat ini Partai Demokrat belum terpikir untuk melakukan konvensi Capres. Partai Demokrat tengah fokus pada konsolidasi internal partai.

Baca juga : Demokrat Pecat Tujuh Kader Diduga Terlibat Kudeta AHY

"Kami lebih optimis menatap 2024 karena kondisi internal Partai Demokrat saat ini lebih solid, partai secara konsisten bertransformasi menjadi smart party sehingga semakin cerdas dan gesit dalam merespon aspirasi dan kebutuhan objektif rakyat," ungkapnya.

Ia menambahkan, Partai Demokrat juga punya mekanisme sendiri dalam menjaring Capres. Namun demikian hal tersebut menjadi domain Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Tentu Partai Demokrat akan membuka diri untuk membangun koalisi dengan partai-partai lain dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang, ini kondisi objektif yang harus dilakukan untuk dapat memenuhi ambang batas pengajuan pasangan Capres dan Cawapres," tuturnya.

Sebelumnya Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan partainya tengah mempersiapkan konvensi capres 2024. Konvensi capres akan mulai dilakukan pada 2022 mendatang.

"Konvensi capres ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom up approach sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan Partai Nasdem sebagai ruang dan basis rekrutmen pemimpin nasional," kata Johnny, dalam konferensi pers yang disiarkan daring, Kamis (25/2).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA