Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

6 Kiat Perkuat Hubungan Anak dengan Alquran

Jumat 26 Feb 2021 14:51 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

6 Kiat Perkuat Hubungan Anak dengan Alquran. Dua orang santri difabel rungu belajar menghafal di Pondok Pesantren Tuli Darul Ashom, Sleman Yogyakarta. Ada 47 santri difabel rungu yang mondok belajar menghafal alquran di Ponpes ini.

6 Kiat Perkuat Hubungan Anak dengan Alquran. Dua orang santri difabel rungu belajar menghafal di Pondok Pesantren Tuli Darul Ashom, Sleman Yogyakarta. Ada 47 santri difabel rungu yang mondok belajar menghafal alquran di Ponpes ini.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tidak ada yang membawa kita lebih dekat kepada Allah selain Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tetap terhubung dengan Allah setiap hari adalah kebutuhan penting bagi setiap Muslim. Hubungan ini memberi kita jaminan, menghibur hati kita, dan mencegah kita berbuat dosa. Tidak ada yang membawa kita lebih dekat kepada Allah selain Alquran.

Seringkali kita merasa seolah-olah Allah berbicara kepada kita atau menjawab pertanyaan yang telah kita renungkan setelah kita mulai membaca ayat-ayat dan makna-Nya. Jangan berpikir itu merupakan suatu kebetulan. Membaca Alquran memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan Allah dan mengikuti jalan-Nya. Allah berfirman dalam surat Al-Ma’idah ayat 15:

يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ قَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيْرًا مِّمَّا كُنْتُمْ تُخْفُوْنَ مِنَ الْكِتٰبِ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍەۗ قَدْ جَاۤءَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ نُوْرٌ وَّكِتٰبٌ مُّبِيْنٌۙ

Baca Juga

Yā ahlal-kitābi qad jā`akum rasụlunā yubayyinu lakum kaṡīram mimmā kuntum tukhfụna minal-kitābi wa ya'fụ 'ang kaṡīr, qad jā`akum minallāhi nụruw wa kitābum mubīn.

“Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan mereka dan katakanlah, “Aku beriman kepada Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami perbuatan kami dan bagi kamu perbuatan kamu. Tidak (perlu) ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah (kita) kembali.”

Oleh karena itu, betapa pentingnya membina hubungan ini untuk anak-anak kita. Berikut enam kiat yang bisa dilakukan untuk memperkuat hubungan antara anak dengan Alquran, dilansir About Islam.

1. Tunjukkan contoh kepada anak

Anak belajar dengan meniru perilaku yang mereka lihat. Jika Anda membaca Alquran secara teratur di depan anak-anak Anda, kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama.

2. Semua dimulai dengan mendengarkan

Penelitian menunjukkan bayi dipengaruhi oleh suara di lingkungannya. Jadi, jika seorang bayi mendengar ayat-ayat Alquran secara teratur, mereka akan terbiasa dengan suara itu dan secara alami akan senang mendengarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA