Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

11 Senjata Perang yang Digunakan Era Awal Islam

Jumat 26 Feb 2021 14:26 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat beragam senjata perang yang populer awal era Islam. Ketapel (manjaniq)

Terdapat beragam senjata perang yang populer awal era Islam. Ketapel (manjaniq)

Foto: dok istimewa
Terdapat beragam senjata perang yang populer awal era Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada banyak jenis senjata yang digunakan umat Islam dalam perang terdahulu. Kemenangan umat Islam dalam peperangan kala itu tentu karena pertolongan Allah SWT kepada mereka melalui beberapa senjata sederhana berikut ini.

Berikut ini adalah di antara senjata kuno Muslim yang mereka gunakan dalam peperangan:

1. Busur

Baca Juga

Awalnya, ini adalah tongkat yang terbuat dari pohon pegunungan yang kokoh, yang ujungnya membengkok dengan kuat, dan tendon kulit atau saraf yang ada di leher unta ditarik menjadi satu.

Dalam Alquran dijelaskan sekilas mengenai bentuk busur tersebut. Allah SWT berfirman: 

فَكَانَ قَابَ قَوْسَيْنِ أَوْ أَدْنَىٰ "Maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)." (QS An-Najm: 9)

2. Panah

Anak panah ini memiliki tiga bagian utama, yaitu mata panah yang sering dibuat dari logam, bilah, dan alur. Anak panah terbuat dari batang pohon yang padat dengan panjang sekitar satu lengan. Besi runcing membuatnya sulit untuk dikeluarkan jika tertahan di tubuh.

Kayu terbaik untuk busur dan anak panahnya dipadukan sehingga menjadi keras, ringan karena tipisnya kulit, dan tidak lembek. Busur pemanah seperti senapan, dan anak panah seperti pelurunya, dan pemanah harus mempertahankan sejumlah anak panah saat bertarung 

3. Tombak

Terbuat dari cabang pohon yang kokoh, dan merupakan senjata kuno yang banyak digunakan oleh orang-orang kuno. Tombak sebetulnya lebih umum digunakan di negara-negara yang melakukan perjalanan ke gurun, termasuk orang-orang Arab.

Tombak memiliki panjang yang berbeda, mulai dari sepanjang empat lengan sampai lima dan sepuluh ke atas. Panjang tombak yang biasa digunakan di masa awal Islam terbilang pendek dan ukuran panjangnya tidak mencapai empat lengan 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA