Jumat 26 Feb 2021 12:32 WIB

Hamas Peringatkan Israel tak Campuri Pemilu Palestina

Hamas menyebut intervensi dapat menyebabkan penundaan pemilu.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Bendera Israel-Palestina
Bendera Israel-Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kelompok Hamas telah memperingatkan Israel agar tidak mencampuri penyelenggaraan pemilu nasional Palestina. Hamas menyebut intervensi dapat menyebabkan penundaan.

Dilaporkan laman Anadolu Agency, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada Jumat (26/2), mengecam campur tangan Israel dalam proses pemilu Palestina. Dia menyoroti penangkapan kandidat Hamas dan mengancam agar mereka tidak mencalonkan diri dalam pemilu nasional Palestina.

Baca Juga

Pasukan Israel telah menahan sejumlah pemimpin senior Hamas dalam penggerebekan di Tepi Barat selama beberapa pekan terakhir. Itu adalah upaya yang dilakukan Israel untuk mencegah mereka maju dalam kontestasi pemilu. Sementara, kandidat Hamas lainnya telah diancam petugas intelijen Israel dengan penjara jika mereka ikut dalam pemilu.

Hamas meminta Otoritas Palestina mengambil tindakan di tingkat lokal, regional, dan internasional untuk menghentikan intervensi Israel. Dengan demikian, para kandidat dapat dengan bebas berpartisipasi dalam kontestasi pemilu.

Hamas menekankan pentingnya menaati jadwal perhelatan pemilu yang telah ditetapkan. Menurutnya, setiap kemunduran dalam komitmen menggelar pemilu dapat menimbulkan risiko serta dampak yang lebih besar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement