Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Masjid Oldham Inggris Lawan Misinformasi Vaksin

Jumat 26 Feb 2021 09:30 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Oldham Inggris Lawan Misinformasi Vaksin. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.

Masjid Oldham Inggris Lawan Misinformasi Vaksin. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath, Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.

Foto: REUTERS/CARL RECINE
50 Persen Muslim di Oldham Inggris menolak vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, OLDHAM -- Dewan Masjid Oldham (OMC) mendesak anggota komunitas terkemuka untuk menghadiri lokakarya pendidikan vaksin. Sebuah survei pada Desember menemukan 28 persen Muslim di Oldham menerima vaksin, 22 persen tidak yakin, dan 50 persen menolak.

Salah seorang anggota dewan Abdul Basit Shah menyalahkan media sosial atas meningkatnya kecurigaan dan disinformasi seputar vaksin. Shah mengatakan OMC telah meminta para ahli yang bisa memberikan informasi seputar vaksin dan bisa menjawab semua kekhawatiran mereka.

Pelatihan untuk para imam dan tokoh masyarakat terkemuka lainnya dimulai tiga pekan lalu di Pusat Islam Eropa di Oldham. Lokakarya tersebut guna meningkatkan kesadaran tentang vaksin, menjelaskan perihal vaksin aman digunakan, dan mendorong kepercayaan orang untuk divaksin.

Baca Juga

Pelatihan dimulai dengan ceramah dari ulama kemudian presentasi dari praktisi umum dan terkahir sesi tanya jawab. “Kami mencoba membangun kepercayaan diri mereka sehingga mereka bisa menyebarkan informasi kepada komunitas mereka,” kata Shah, dilansir BBC, Jumat (26/2).

Program ini juga bertujuan menjangkau para pemimpin perempuan dan melakukan beberapa sesi khusus perempuan. “Kami perlu memastikan bahwa peluncuran ini seimbang antara pria dan wanita. Ini tentang keadilan dan kesetaraan dan kami menyelenggarakan pelatihan ini agar orang meras nyaman,” ujar dia.

Baca juga : Perempuan Bawa Saudi Jadi Salah Satu Negara Paling Maju

Dewan dan penyelenggara akan menilai keberhasilan program dengan survei tindak lanjut dalam waktu beberapa pekan dan dari angka pengambilan vaksin.

https://www.bbc.com/news/uk-england-manchester-56203333

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA