Jumat 26 Feb 2021 06:08 WIB

Boeing: Pesawat Lorong Tunggal akan Lebih Diminati

Varian seperti Boeing 737 akan jadi penggerak penerbangan Asia Tenggara.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Boeing 737.
Foto: AP / Elaine Thompson,
Boeing 737.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boeing memprediksi pesawat tipe dengan lorong tunggal akan lebih diminati di Asia Tenggara. Terlebih dalam kondisi industri penerbangan yang saat ini terdampak karena pandemi Covid-19. 

“Menurut estimasi Boeing para operator penerbangan akan memerlukan lebih dari 3.500 pesawat terbang lorong tunggal baru di kawasan Asia Tenggara hingga tahun 2039,” kata Vice President of Commercial Marketing Boeing Darren Hulst dalam konferensi video, Kamis (25/2). 

Baca Juga

Hulst mengatakan, pesawat terbang lorong tunggal seperti varian Boeing 737, akan terus menjadi penggerak pertumbuhan kapasitas penerbangan di kawasan Asia Tenggara. Khususnya, secara global penerbangan berbiaya rendah memiliki penetrasi pasar yang tertinggi.

Di sisi lain, Hulst mengatakan, pesawat lorong ganda seperti Boeing 777X dan 787 Dreamliner akan tetap menjadi pondasi industri penerbangan di Asia Tenggara.

“Pada 20 tahun ke depan, sekitar satu dari empat pesawat lorong ganda akan dikirimkan ke kawasan Asia Pasifik dan sekitarnya yang diperuntukkan bagi maskapai yang beroperasi di Asia Tenggara,” jelas Hulst.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement