Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Waktu Terbaik dan Terburuk Minum Teh Hijau

Jumat 26 Feb 2021 06:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat sehat.

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat sehat.

Foto: Flickr
Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, meminum teh hijau di waktu yang salah berpotensi dapat membuat manfaat-manfaat tersebut menjadi kurang optimal.

Ada beberapa waktu yang dinilai baik dan tidak baik untuk meminum teh hijau. Berikut ini adalah waktu-waktu tersebut, seperti dilansir Healthline, Kamis (25/2).

Terbaik: Di Pagi Hari
Meminum teh hijau di pagi hari sesaat setelah bangun tudur dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Efek ini dinilai berkaitan dengan kandungan kafein di dalam teh hijau.

Namun berbeda dengan kopi dan minuman berkafein lain, teh hijau juga kaya akan L-theanine. L-theanine merupakan asam amino yang memberikan efek menenangkan.

Kombinasi kafein dan L-theanine dapat memperbaiki fungsi otak dan juga suasana hati, tanpa memberikan efek samping negatif yang mungkin terjadi bila seseorang hanya mengonsumsi kafein saja.

Terbaik: Sekitar Waktu Berolahraga
Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau baik diminum sebelum berolahraga. Cara ini dapat meningkatkan pembakaran lemak yag terjadi selama berolahraga.

Minum teh hijau juga dikatakan dapat mebantu mempercepat proses pemulihan pascaberolahraga berat. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen ekstrak teh hijau 500 mg dapat menurunkan penanda kerusakan otot yang diakibatkan oleh olahraga.

Baca Juga

Kurang Baik: Bersamaan Dengan Makan
Beberapa senyawa di dalam teh hijau dapat mengikat mineral di dalam tubuh dan menghalangi proses penyerapan mineral tersebut, terutama senyawa bernama tanin. Tanin merupakan senyawa dalam teh hijau yang berperan sebagai antinutrien dan dapat menurunkan penyerapan zat besi.

Teh hijau juga diketahui memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini dapat mengikat mineral seperti zat besi, tembaga, dan kromium. Dampaknya, penyerapan ketiga mineral tersebut di dalam tubuh dapat terhambat.

Oleh karena itu, meminum teh hijau sebaiknya dihindari di waktu makan, terlebih bagi orang-orang dengan defisiensi zat besi atau mineral lain. Pilih waktu di antara jam makan untuk meminum teh hijau.

Kurang Baik: Sebelum Tidur
Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 35 mg kafein. Kandungan kafein dalam teh hijau ini memang lebih rendah bila dibandingkan kopi. Akan tetapi, kafein dari teh hijau tetap dapat memberikan efek bagi orang-orang yang sensitif terhadap kafein.

Orang-orang yang sensitif terhadap kafein sebaiknya menghindari minum teh hijau menjelang jam tidur malam. Teh hijau sebaiknya diminum minimal 6 jam sebelum tidur di malam hari untuk menghindari risiko masalah tidur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA