Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Tiger Woods Patah Tulang Tibia dan Fibula, Kariernya Setop?

Kamis 25 Feb 2021 19:46 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Mobil yang dikendarai pegolf Tiger Woods, yang telah dilarikan ke rumah sakit dengan sejumlah cedera, berada di jurang menyusul kecelakaan tunggal di Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (23/2/2022).

Mobil yang dikendarai pegolf Tiger Woods, yang telah dilarikan ke rumah sakit dengan sejumlah cedera, berada di jurang menyusul kecelakaan tunggal di Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (23/2/2022).

Foto: antara/reuters
Tiger Woods menjalani kecelakaan mobil mengerikan di Los Angeles, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pegolf Tiger Woods mengalami patah tulang tibia dan fibula kanannya. Ia juga patah tulang kaki serta pergelangan kaki akibat kecelakaan mobil yang keluar dari jalan raya hingga terguling di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (24/2). Woods memberitahu kondisinya lewat Twitter pribadinya setelah beberapa jam menjalani perawatan.

Ia selamat dari kecelakaan tunggal tersebut. Namun kariernya dalam ancaman serius karena riwayat cederanya pada masa lalu. Saat kecelakaan, dia sedang dalam proses pemulihan operasi kelimanya.

Kepala Petugas Medis di Pusat Medis Harbour-UCLA mengatakan, Woods menderita cedera ortopedi yang signifikan kanan bawah. "Fraktur terbuka kominutatif (patah beberapa bagian) yang mempengaruhi bagian atas dan bawah tibia dan tulang fibula distabilkan dengan memasukkan batang ke dalam tibia. Cedera tambahan pada tulang kaki dan pergelangan kaki distabilkan dengan kombinasi sekrup dan pin,” jelasnya dilansir dari Inside the Games, Kamis (25/2).

Baca Juga

Ia menambahkan, trauma pada otot dan jaringan lunak kakinya memerlukan operasi pelepasan penutup otot untuk mengurangi tekanan akibat pembengkakan. Fraktur yang terbuka kominutif menandakan tibia dan fibula Woods pecah menjadi lebih dari dua bagian serta kulitnya tertusuk.

Meskipun tak ada kerusakan untuk jangka panjang, tapi rehabilitasi cederanya kemungkinan akan sulit. Woods diselamatkan oleh petugas P3K. 

Meski kariernya terancam, Woods bisa mengambil inspirasi dari Ben Hogan. Hogan menderita patah tulang panggul, tulang selangka dan pergelangan kaki dalam tabrakan dengan bus yang hampir fatal pada 1949. Namun ia berhasil memenangkan enam gelar utama setelah pulih. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA