Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Kamis 25 Feb 2021 19:03 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

(Foto: ilustrasi kopi)

(Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Needpix
Minumlah kopi 30-60 menit sebelum olahraga untuk mendapatkan hasil terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suplemen preworkout menjanjikan peningkatan energi untuk olahraga. Daripada menghabiskan uang untuk suplemen preworkout, Anda dapat beralih ke sesuatu yang mungkin sudah ada di dapur yaitu kopi.

Dilansir di laman Cnet.com, kafein adalah bahan utama dalam kebanyakan suplemen preworkout. Secangkir kopi kental bisa melakukan tugasnya dengan baik. Mengapa harus minum kopi sebelum olahraga? Kafein telah lama dipelajari untuk efek fisiologisnya, banyak di antaranya secara positif memengaruhi kinerja olahraga. Berikut penjelasannya:

1. Kopi meningkatkan energi

Kopi berkafein meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Dengan itu, Anda merasa lebih terjaga dan waspada yang dapat membantu merasa lebih berenergi untuk latihan. Kebanyakan suplemen preworkout mengandung kafein, dan kopi adalah pengganti yang cocok dan alami.

2. Kopi bantu tetap fokus

Efek kopi juga dapat membuat Anda tetap fokus selama latihan fisik, yang membantu mengatasi rasa grogi pada pagi hari atau mengatasi penurunan energi pada sore hari. Secangkir kopi sebelum latihan dapat membantu berkonsentrasi pada repetisi. Beberapa penelitian,bahkan menyarankan kopi dapat meningkatkan daya tahan olahraga.

3. Kopi tingkatkan kinerja atletik

Banyak penelitian menunjukkan kafein untuk meningkatkan kinerja atletik, terutama  latihan ketahanan dan latihan intensitas tinggi. Perlu diingat, dosis yang digunakan dalam uji klinis sering kali jauh lebih tinggi dibandingkan yang didapat orang rata-rata dari secangkir kopi biasa.

Sebagian besar penelitian mengamati dosis 200 hingga 400 miligram, tetapi beberapa menggunakan dosis hingga 600 miligram. Secangkir kopi seduh 236 mililiter rata-rata memiliki sekitar 100 miligram kafein.

4. Kopi kurangi rasa sakit

Kopi bukan penawar ajaib untuk otot sakit. Namun penelitian menunjukkan kopi mungkin memiliki efek positif pada nyeri saat berolahraga, serta nyeri otot yang tertunda (DOM). Tidak jelas apakah efeknya fisik atau mental, tetapi mungkin kombinasi keduanya. Satu studi menemukan konsumsi kopi mengurangi tenaga yang dirasakan dan nyeri otot selama latihan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari secangkir kopi preworkout, Anda harus meminumnya 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga. Diperlukan waktu selama itu untuk efek puncak kafein muncul. Jika Anda cenderung merosot di tengah latihan, coba minum kopi 10 menit sebelumnya, jadi efek puncaknya akan muncul sekitar 20 hingga 40 menit setelah berolahraga.

Meski begitu, cukup banyak orang mengalami efek samping tidak menyenangkan setelah minum kopi. Karena kandungan kafeinnya, kopi dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Kopi bisa membuat Anda merasa gelisah dan gemetar, terutama jika tidak terbiasa dengan efek kafein atau jika minum lebih banyak dari biasanya. Merasa gelisah selama olahraga dapat membuat Anda merasa lebih lemah. Dalam skenario terburuk, bahkan dapat menyebabkan Anda menurunkan beban dan melukai diri sendiri. Jika sudah bergumul dengan kecemasan, kopi (atau minuman berkafein apa pun) mungkin bukan pilihan terbaik untuk preworkout.

Selain itu, kopi dianggap merangsang gerak peristaltik yaitu rangkaian kontraksi yang dilakukan saluran pencernaan untuk menggerakkan berbagai hal. Olahraga juga menstimulasi saluran pencernaan sehingga kombinasi tersebut dapat membuat Anda langsung ke toilet.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA