Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Anies: Penghargaan Rumah Zakat Amanah

Kamis 25 Feb 2021 18:49 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Foto: Pemprov DKI Jakarta
Anies mengatakan penghargaan dari Rumah Zakat adalah sebuah amanah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merupakan salah satu dari sembilan tokoh yang mendapat penghargaan Tokoh Pemberdayaan 2020 dari Rumah Zakat.

Penghargaan ini diberikan kepada pihak-pihak yang berdedikasi mewujudkan kebahagiaan kepada sesama melalui beragam upaya, yang disesuaikan dengan peran dan posisinya dalam kehidupan.

"Kami memandang ini sebagai sebuah amanah yang Insya Allah akan dijaga dengan sebaik-baiknya," kata Anies Baswedan dalam acara Public Expose Rumah Zakat yang disiarkan melalui Zoom, Kamis (25/2).

Lebih lanjut ia menyebut akan meneruskan penghargaan yang diberikan oleh Rumah Zakat ini kepada seluruh tim yang telah bekerja bersama selama masa pandemi Covid-19 ini.

Jakarta, seperti wilayah lainnya di Indonesia, sejak awal pandemi menyatakan prioritas utama adalah keselamatan. Keselamatan ini banyak bentuknya, baik masalah kesehatan, ekonomi, maupun hal-hal lainnya.

Di awal pandemi, Anies Baswedan menyebut ada begitu banyak langkah pencegahan yang dirasa unik dan tidak biasa. Hal ini sejalan dengan pandemi Covid-19 yang juga baru, bukan sesuatu yang sering dihadapi. Anjuran para ilmuwan berdasarkan penanganan pandemi di masa lalu maupun di negara lain menjadi patokan dalam setiap langkah.

Ketika DKI Jakarta mengadopsi Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), ia menyebut masyarakat yang terdampak langsung akibat kondisi perekonomian yang mengalami kontraksi bisa mendapatkan bantuan dari saudara-saudara yang lain.

"Rumah Zakat menjadi agregator dalam program ini, yang hingga saat ini masih terus berjalan. Pemerintah tidak hanya menyediakan bantuan sosial, tetapi juga menyiapkan platform untuk saling menolong," kata dia.

Warga yang ingin membantu masyarakat yang lain disebut hanya perlu membuka peta yang sudah disediakan. Nantinya, akan muncul informasi dimana RW yang membutuhkan bantuan dan berapa total keluarga di sana.

Platform KSBB merupakan ikhtiar pemerintah untuk saling menolong dan membantu dalam situasi sulit. Dalam upaya ini, ia kembali menyebut Rumah Zakat merupakan lembaga yang memiliki peran penting.

"Semoga, apa yang diraih hari ini akan menjadi tambahan motivasi bagi tim kami semua. Kolaborasi yang sudah berjalan baik, semoga bisa diteruskan," ujar Anies Baswedan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA