Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Rakornassus Partai NasDem Hasilkan Sejumlah Sikap Politik 

Kamis 25 Feb 2021 18:44 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

Foto: Antara/Fauzan
Nasdem menegaskan komitmen mendukung Jokowi, termasuk soal UU Pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai NasDem menggelar rapat koordinasi nasional khusus (Rakornassus) dengan tema 'Konsolidasi Organisasi dan Penguatan Infrastruktur Partai' pada 22-24 Februari 2021. Rakornassus menghasilkan sejumlah sikap politik, antara lain menegaskan kembali komitmen Partai NasDem mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, Partai Nasdem mendampingi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara real dan konkret politik di tengah pandemi Covid-19.  Johnny melanjutkan, Partai Nasdem kembali menegaskan untuk mendukung keputusan pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin terkait UU Pemilihan Umum.

Untuk itu, Partai NasDem mempersiapkan dan mengambil bagian dalam menyukseskan pemilu, pilrpes, pileg, dan pilkada pada 2024. "Sikap ini kembali ditegaskan untuk menunjukkan cita-cita dan tugas NasDem satu garis dengan kebijakan presiden, yakni untuk kemajuan dan masa depan demokrasi Indonesia yang lebih baik selain dari menjaga stabilitas politik di tengah situasi pandemi Covid-19," kata dia dalam konferensi pers yang disiarkan daring, Kamis (25/2). 

Baca Juga

Kemudian, pria yang kini juga menjabat sebagai menteri komunikasi dan informatika (menkominfo) tersebut mengatakan, Fraksi Partai NasDem DPR dan MPR mempertahankan posisinya sebagai pendukung utama pemerintah. Johnny juga mengatakan, Partai NasDem mendukung program legislasi terkait penciptaan lapangan kerja, penghapusan kekerasan seksual, transformasi digital dan perlindungan data pribadi, serta ketahanan pangan nasional.

Selain itu, salah satu yang menjadi hasil rakornassus adalah pelaksanaan konvensi calon presiden (capres) Partai Nasdem yang akan dimulai pada 2022. "Konvensi capres ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom up approach sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan Partai NasDem sebagai ruang dan basis rekrutmen pemimpin nasional," kata dia.

Johnny menegaskan, melalui konvensi capres, Partai NasDem menegaskan diri sebagai partai inklusif yang terbuka terhadap pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat. Partai NasDem menyatakan akan membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai agar target ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen terpenuhi.

"Partai NasDem menyiapkan dan menggunakan seluruh infrastruktur partai dalam menyukseskan jalannya pemerintahan kabinet indonesia maju dan pelaksanaan konvensi capres cawapres yang legitimate melalui proses rekrutmen yang transparan, fair, bottom up dan berkualitas," kata dia.

Johnny mengatakan Rakornassus ini merupakan salah satu momentum penting untuk optimalkan seluruh fungsi dan peran struktur Partai NasDem dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan sampai, tingkat ranting di desa. "Ini agar bisa bekerja efektif sebagai partai gerakan yang mampu menghadirkan nilai-nilai perubahan di tengah-tengah masyarakat dan membangun soliditas partai melalui penegakan disiplin dan kohesivitas partai," tuturnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA