Kamis 25 Feb 2021 18:31 WIB

Pemerintah Janji Perbaiki Antrean Vaksinasi Lansia

Video antrean panjang lansia saat vaksinasi di Jakbar sempat viral di media sosial.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warga lansia (lanjut usia) mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama.
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Warga lansia (lanjut usia) mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menjanjikan untuk memperbaiki sistem layanan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia). Komitmen ini disampaikan pemerintah merespons antrean panjang di sejumlah fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi bagi lansia. Salah satunya sempat terjadi di RSUD Kembangan, Jakarta Barat yang videonya sempat viral.

"Kementerian Kesehatan dan fasilitas kesehatan akan perbaiki sistem antrean vaksinasi sehingga lansia akan dapat lebih mudah dapat informasi jadwal pemberian vaksin dan dapat menyesuaikan waktu kedatangan di lokasi faskes," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku dalam keterangan pers, Kamis (25/2).

Wiku menambahkan, saat ini vaksinasi bagi warga lansia memang baru dilayani di ibu kota provinsi dan beberapa ibu kota kabupaten/kota. Namun melihat tingginya animo masyarakat untuk segera divaksin, Wiku menyebutkan bahwa pemerintah berupaya semaksimal mungkin memperluas vaksinasi di daerah. Tujuannya, agar lansia yang tinggal di luar ibukota provinsi bisa mengakses vaksinasi.

"Sehingga masyarakat terutama lansia yang tinggal jauh dari ibu kota provinsi dapat peroleh vaksin di lokasi yang lebih terjangkau," kata Wiku.

Pada Ahad (21/2) lalu sempat viral di media sosial video yang menunjukkan puluhan warga lansia rela mengantre untuk mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan. Lansia yang antre mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan mengular hingga ke luar jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement