Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Rumah Antik Berusia 139 Tahun Dipindahkan

Kamis 25 Feb 2021 18:57 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih

Proses pemindahan rumah antik di San Fransisco.

Proses pemindahan rumah antik di San Fransisco.

Foto: noah berger/ap
Warga memenuhi trotoar jalan dan mengabadikan proses pemindahan rumah antik.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Sebuah rumah berusia 139 tahun yang terletak di 807 Franklin St. di San Fransisco telah dipindahkan. Rumah dua lantai bergaya Victoria itu dipindahkan pada Ahad (21/2) ke lokasi yang berjarak enam blok, yakni di 635 Fulton St.

Sejumlah warga memenuhi trotoar jalan dan mengabadikan proses pemindahan rumah berwarna hijau dengan jendela besar, dan pintu depan berwarna coklat. Warga sekitar tak mau ketinggalan momen ketika rumah antik itu diangkut dengan kecepatan tertinggi sekitar 1 mph dan dikerek menggunakan alat pengangkut barang berat.

San Francisco Chronicle melaporkan, pemindahan rumah antik tersebut telah direncanakan selama bertahun-tahun. Pengerek rumah veteran Phil Joy mengatakan, dia harus mendapatkan izin dari sekitar 15 agensi untuk memindahkan rumah itu.

Joy mengatakan, proses pemindahan rumah bergaya Victoria itu cukup rumit. Sebab, jalan yang dilalui harus menuruni bukit. Selain itu, rambu lalu lintas harus dipindahkan dan dahan pohon dipangkas agar rumah tersebut bisa melintasi jalan.

"Itu terlalu sulit untuk sebuah rumah," kata Joy.

Pemilik rumah klasik yang memiliki enam kamar tidur itu adalah seorang broker asal San Fransisco, Tim Brown. Dia membayar sekitar 400 ribu dolar AS atau Rp 5,6 miliar untuk biaya memindahkan rumahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA