Kamis 25 Feb 2021 17:25 WIB

Anggota Tubuh Juga Bisa Bersedekah, tak Cuma Harta

Anggota tubuh manusia juga bisa melakukan perbuatan sedekah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Anggota tubuh manusia juga bisa melakukan perbuatan sedekah.  Sedekah (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Anggota tubuh manusia juga bisa melakukan perbuatan sedekah. Sedekah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Banyak ayat Aquran yang menyebutkan tentang sedekah. Pengertian sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan seseorang untuk kemaslahatan umum.

Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menjelaskan bahwa sedekah tidak harus berbentuk harta benda. Perbuatan yang dilakukan anggota tubuh manusia juga bisa masuk kategori sedekah.

Baca Juga

و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ هَمَّامٍ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ قَالَ هَذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنْهَا وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ سُلَامَى مِنْ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيهِ الشَّمْسُ قَالَ تَعْدِلُ بَيْنَ الِاثْنَيْنِ صَدَقَةٌ وَتُعِينُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ قَالَ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ وَكُلُّ خُطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلَاةِ صَدَقَةٌ وَتُمِيطُ الْأَذَى عَنْ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ

Dikisahkan dari Muhammad bin Rafi, dikisahkan dari Abdurrazaq bin Hammam, dikisahkan dari Ma’mar, dari Hamamm bin Munabbih berkata, “Hadits ini diriwayatkan Abu Hurairah kepada kami, dari Muhammad Rasulullah: "Setiap anggota tubuh manusia memiliki keharusan sedekah pada setiap harinya. Yaitu seperti mendamaikan dua orang yang berselisih adalah sedekah. Menolong orang yang naik kendaraan atau menolong mengangkatkan barangnya ke atas kendaraan, itu juga termasuk sedekah. Ucapan atau tutur kata yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang kamu ayunkan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Menyingkirkan sesuatu yang membahayakan di jalanan umum adalah sedekah." (HR Muslim).

Rasulullah SAW dalam sabda lainnya juga mengingatkan orang-orang mukmin agar bersedekah. Dalam hadist ini lagi-lagi dijelaskan bahwa sedekah tidak harus berbentuk harta benda.

عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ صَدَقَةٌ قِيلَ أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يَجِدْ قَالَ يَعْتَمِلُ بِيَدَيْهِ فَيَنْفَعُ نَفْسَهُ وَيَتَصَدَّقُ قَالَ قِيلَ أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ قَالَ يُعِينُ ذَا الْحَاجَةِ الْمَلْهُوفَ قَالَ قِيلَ لَهُ أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ قَالَ يَأْمُرُ بِالْمَعْرُوفِ أَوْ الْخَيْرِ قَالَ أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يَفْعَلْ قَالَ يُمْسِكُ عَنْ الشَّرِّ فَإِنَّهَا صَدَقَةٌ و حَدَّثَنَاه مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ بِهَذَا الْإِسْنَادِ

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setiap orang mukmin wajib bersedekah." Lalu ditanyakanlah kepada beliau, "Bagaimana kalau dia tidak sanggup?" Beliau menjawab, "Hendaknya ia bekerja untuk dapat memberi manfaat kepada dirinya sendiri dan supaya ia dapat bersedekah." 

Ditanyakan lagi kepada beliau, "Bagaimana kalau dia tidak sanggup?" Beliau menjawab, "Hendaknya dia membantu orang yang dalam kesulitan." Ditanyakan lagi kepada beliau, "Bagaimana kalau dia tidak sanggup?" Beliau menjawab, "Hendaknya dia menyuruh kepada yang ma'ruf atau kebaikan."  

Orang itu bertanya lagi, "Bagaimana kalau dia tidak sanggup juga?" Beliau menjawab, "Hendaklah ia mencegah diri dari perbuatan buruk, sebab itu juga merupakan sedekah." (HR Muslim).   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement