Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Alasan Mengapa Malaikat Jibril Dampingi Isra Miraj Nabi SAW

Kamis 25 Feb 2021 17:01 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Alasan Mengapa Malaikat Jibril Dampingi Isra Miraj Nabi SAW

Alasan Mengapa Malaikat Jibril Dampingi Isra Miraj Nabi SAW

Foto: MGIT03
Malaikat Jibril membawa Nabi Muhammad hingga ke Sidratul Muntaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa besar bagi umat Islam. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW ditemani Malaikat Jibril menempuh perjalanan pada malam hari dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsa dan menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah sholat.

Lantas, mengapa Malaikat Jibril yang dipilih menemani Nabi SAW? Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho menjelaskan, malaikat Jibril diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk membawa Nabi Muhammad SAW dalam Isra Miraj hingga ke Sidratul Muntaha.

Dipilihnya malaikat Jibril tak lain dan tak bukan karena malaikat Jibril adalah malaikat dengan maqom paling tinggi di antara malaikat-malaikat lainnya. “Jadi, malaikat itu bertingkat-tingkat (maqomnya). Dan yang paling tinggi di antara malaikat adalah Jibril,” kata KH Ahsin dalam kajian live streaming, Kamis (25/2).

Baca Juga

Beliau menjelaskan, malaikat memang memiliki tingkatan kedudukan tersendiri. Hal itu karena Allah SWT membuat standar yang tinggi dalam memerintahkan para malaikat dalam menjalankan tugasnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA