Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Kumpulan Doa Dikuatkan Iman dari Alquran dan Sunnah

Kamis 25 Feb 2021 16:53 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat kumpulan doa dikuatkan iman dari Alquran dan sunnah. Ilustrasi doa

Terdapat kumpulan doa dikuatkan iman dari Alquran dan sunnah. Ilustrasi doa

Foto: Republika/Wihdan
Terdapat kumpulan doa dikuatkan iman dari Alquran dan sunnah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada beberapa doa yang bisa diucapkan seorang Muslim untuk memperkuat imannya. Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memberi penjelasan terkait hal itu dalam laman resminya.

Doa tersebut bisa diucapkan tentu setelah berusaha menjaga kualitas keimanan melalui tindakan nyata. Karena sangat mustahil jika seseorang hanya berdoa saja sementara dia tidak melakukan tindakan apapun untuk memperbaiki dan memelihara keimanannya.

Begitu juga sebaliknya. Seseorang tidak akan pernah berhasil memelihara keimanannya jika dia hanya mendasarkan pada usaha dengan meninggalkan doa. Sebab, persoalan keimanan ini erat kaitannya dengan Allah SWT.

Baca Juga

Secara prinsip, sebetulnya tidak ada larangan bagi seseorang untuk berdoa menguatkan iman dengan lafaz dan bahasa apapun yang dia mampu, asalkan substansi atau isi doanya baik dan mengena. Setiap Muslim sudah seharusnya dalam berdoa melandaskan prinsip ittiba pada Allah SWT dan Rasul-Nya. 

Karena doa yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya itulah merupakan sebaik-baik doa. Berikut ini adalah doa-doa untuk menguatkan iman baik itu yang diambil dari Alquran dan sunnah: 

1. Doa dari Alquran

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepeda kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi." (QS Ali-Imran: 8)

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

"Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir." (QS. Ali Imran: 147) 

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَاد

"Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu): 'Berimanlah kalian kepada Rabb kalian, maka kami pun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuslah kesalahan-kesalahan kami, serta wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti (shalih). Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui Rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat kelak. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji." (QS Ali-Imran: 193-194)

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

"Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan ini." (QS Al-Kahfi: 10)

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA