Kamis 25 Feb 2021 16:30 WIB

Cara Hapus Make Up tanpa Merusak Kulit

Tidur dengan riasan dapat menyumbat pori-pori dan sebabkan jerawat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara  menghapus make up tanpa merusak kulit (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika
Cara menghapus make up tanpa merusak kulit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kulit yang bersih menjadi dambaan setiap perempuan. Akan tetapi, sisa riasan terkadang menimbulkan masalah pada kulit, termasuk setelah membersihkan wajah.

Secara medis, Anda disarankan membersihkan riasan sebelum tidur. Tidur dengan riasan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Ini juga dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan kemerahan.

Yang lebih buruk adalah mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerutan dini serta garis halus. Hal yang penting dilakukan yakni mengikuti rutinitas pembersihan kulit agar kulit tetap cantik, ternutrisi, dan bercahaya. Berikut tipsnya eperti dilansir di laman Times Now News, Kamis (25/2).

Langkah pertama, ambil beberapa tetes penghapus riasan mata di atas kapas dan letakkan dengan lembut di mata. Beri tekanan ringan pada bantalan untuk memastikan larutan merusak riasan. Lepaskan kapas dengan lembut.

 

Langkah kedua, pada kapas, ambil larutan penghapus riasan dan seka wajah dengan itu. Bisa juga menggunakan cairan pembersih atau micellar water untuk menghilangkan riasan. Jika tidak memilikinya, bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat wajah dan menghancurkan riasan.

Ketiga, oleskan scrub wajah dan pijat kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran. Kemudian gunakan uap air panas untuk membersihkan pori-pori dengan benar.

Isi wastafel dengan air panas dan arahkan wajah di atasnya selama satu atau dua menit. Rendam waslap dalam air panas dan setelah diperas, tutupi wajah untuk membuka pori-pori. Langkah terakhir ikuti rutinitas perawatan kulit malam hari yang harus menyertakan toner dan pelembab.

Pastikan menarik rambut ke belakang saat membersihkan wajah dan pastikan melakukan pembersihan ganda dengan pembersih berbasis air dan minyak. Jangan gunakan tisu bayi alih-alih tisu pembersih riasan dan menggosok wajah dengan kasar.

Pijat lembut dengan gerakan memutar. Hapus riasan mata dan bibir terlebih dahulu dan lakukan dengan lembut. Hindari memulai rutinitas perawatan kulit kecuali yakin tidak ada riasan yang tertinggal di kulit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement