Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Satpol PP: Kafe RM Cengkareng Langgar Jam Operasional

Kamis 25 Feb 2021 15:35 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra

Garis Polisi (ilustrasi)

Foto:
Kafe RM Cengkareng, yang menjadi lokasi penembakan, harusnya tutup jam 21.00 WIB.

Dia menilai, ada indikasi pihak pengelola kafe berusaha mengelabui petugas dengan berpura-pura menutup kafenya pada pukul 21.00 WIB. Namun, pada pukul 23.00 WIB, kafe kembali dibuka menggunakan akses tertentu. Sehingga seolah-olah terlihat kafe itu sudah tutup.

"Ya ada indikasi yang seperti itu. Jadi dengan cara-cara mengelabui, jadi jam 9 (malam) tutup enggak ada aktivitas, tapi jam 11 kemudian dia buka tapi ada akses-akses tertentu yang digunakan. Jadi tidak menggunakan pintu depan, bisa menggunakan pintu samping, pintu belakang," ungkap Arifin.

"Itu cara-cara yang sudah sering kali kita temukan. Jadi memang pengawasan ini bukan cuma sekadar mengawasi secara sederhana, tetapi pengawasannya harus lebih detail, cermat, teliti karena upaya-upaya yang tadi," sambungnya menjelaskan.

Arifin menambahkan, lantaran kafe tersebut melanggar aturan jam operasional, maka pihaknya akan memberikan sanksi terhadap pengelola ataupun pemilik Kafe RM. Sanksi itu mengacu pada Pergub Nomor 3 tahun 2021, yakni berupa penutupan sementara. "Intinya kita akan melakukan tindakan tegas bagi mereka yang melakukan pelanggaran," tutur dia.

Penembakan di kafe RM Cengkareng melibatkan oknum polisi berinisial Bripka CS. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Bripka CS awalnya datang ke kafe tersebut pada Kamis (25/2) pukul 02.00 WIB untuk minum-minum.

Lalu, pada pukul 04.00 WIB, saat kafe itu akan tutup, Bripka CS terlibat adu mulut dengan pegawai kafe saat ditagih untuk melakukan pembayaran.

Selanjutnya Bripka CS yang sedang mabuk lalu mengeluarkan senjata api dan menembak tiga korban hingga meninggal dunia dan satu orang korban mengalami luka-luka. Namun, tak lama berselang Bripka CS lalu diamankan polisi dan ditahan di Polsek Kalideres, Jakarta Barat.

Baca: Minum, Mabuk, Bripka CS Tembak Anggota TNI AD Hingga Tewas

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA