Kamis 25 Feb 2021 14:39 WIB

Google Kembangkan 6 Fitur Baru untuk Android, Apa Saja?

Fitur baru tersedia untuk ponsel yang menjalankan Android 9 bahkan 6.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA —G oogle telah mengembangkan enam fitur baru untuk Android (Android Auto) yang akan membuat ponsel pengguna lebih aman dan lebih mudah digunakan. Fitur ini tersedia untuk ponsel yang cukup lama, yang menjalankan Android 9 dan bahkan Android 6.

Pertama, pemeriksaan kata sandi akan memberitahu pengguna jika kata sandi terungkap. Dilansir dari GSMArena, Kamis (25/2),  Google menambahkan fitur Pemeriksaan Kata Sandi di Chrome pada 2019. Pada dasarnya, Google melacak peretasan yang mengekspos kata sandi-kata sandi tersebut sekarang tidak aman. Sebab, peretas dapat dengan mudah mencoba menggunakannya untuk masuk.

Baca Juga

Sekarang ketika pengguna memasukkan kata sandi ke dalam aplikasi menggunakan Autofill, mereka akan mendapatkan peringatan jika kata sandi itu bocor dan instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Fitur ini berfungsi pada ponsel yang menjalankan Android 9 ke atas.

Kedua, aplikasi pesan dapat menjadwalkan teks. Aplikasi Message telah diperbarui (untuk ponsel yang menjalankan Android 7 dan lebih tinggi) untuk mendukung penjadwalan teks. Pengguna menulis pesan mereka terlebih dahulu, pilih waktu kapan pesan itu akan dikirim dan aplikasi akan mengurus sisanya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, tekan dan tahan tombol Send, serta pengguna akan melihat munculan yang memungkinkan pengguna memilih waktu dan tanggal. Agar jelas, pengguna perlu menjalankan aplikasi Google Messages agar ini berfungsi.

Ketiga, TalkBack membuat Android dapat diakses oleh pengguna tunanetra dan rabun. Talkback adalah pembaca layar Android. Pengguna dapat menavigasi seluruh UI tanpa melihat layar dengan menggunakan isyarat dan masukan lisan.

Google bekerja dengan komunitas tunanetra dan rabun untuk mengembangkan gerakan yang lebih intuitif, menu kontrol membaca baru dan banyak lagi. Pengguna dapat mengunduh rangkaian fitur Aksesibilitas Android untuk mendapatkan TalkBack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement