Kamis 25 Feb 2021 13:09 WIB

Paul McCartney Bukukan Perjalanan Kariernya Selama 8 Dekade

Paul McCartney akan rilis buku perjalanan kariernya 'The Lyrics: 1956 to the Present'

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Paul McCartney akan rilis buku perjalanan kariernya 'The Lyrics: 1956 to the Present'.
Foto: AP
Paul McCartney akan rilis buku perjalanan kariernya 'The Lyrics: 1956 to the Present'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paul McCartney mengumumkan akan menceritakan perjalanan karir bermusiknya selama delapan dekade dalam buku berjudul The Lyrics : 1956 to the Present yang dijadwalkan untuk dirilis pada 2 November mendatang.

Menurut McCartney, selama ini banyak yang telah bertanya apakah dirinya tidak akan pernah menulis sebuah otobiosrafi. Ia mengungkapkan bahwa tidak pernah ada waktu yang tepat untuk melakukan itu, backan saat ada kesempatan, pria berusia 78 tahun ini lebih memilih untuk menulis lagu baru.

Baca Juga

“Beberapa orang, ketika mencapai usia tertentu, suka membaca buku harian untuk mengingat kejadian sehari-hari di masa lalu, tetapi saya tidak memiliki buku catatan seperti itu. Apa yang saya miliki adalah lagu-lagu saya, ratusan diantaranya memiliki tujuan yang hampir sama dan lagu-lagu ini menjangkau seluruh hidup saya,” ujar McCartney dilansir The Rolling Stone, Kamis (25/2).

Dalam The Lyrics : 1956 to the Present, ada lebih dari 150 lagi karya McCartney yang diurut berdasarkan abjad. Lagu-lagu berasal dari masa kecilnya, hingga saat ia menjadi bagian dari The Beatles, dan saat ini.

Setiap lagu dalam buku itu disebut sebagai ‘harta karun’ materi dari arsip pribadi McCartney. Termasuk diantaranya adalah draf, surat, dan foto yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

"Saya berharap apa yang saya tulis akan menunjukkan kepada orang-orang sesuatu tentang lagu dan hidup saya yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Saya telah mencoba untuk mengatakan sesuatu tentang bagaimana musik itu dan apa artinya bagi saya,” jelas McCartney.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement