Kamis 25 Feb 2021 11:46 WIB

Venezuela Usir Delegasi Uni Eropa

Pengusiran delegasi sebagai tanggapan atas sanksi baru Uni Eropa terhadap Venezuela

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (tengah)
Foto: Miraflores Press Office via AP
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Venezuela mengusir Kepala Delegasi Uni Eropa, Isabel Brilhante sebagai tanggapan atas sanksi baru yang diberlakukan oleh Uni Eropa. Dalam siaran televisi nasional, Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengatakan, Brilhante memiliki waktu 72 jam untuk meninggalkan Caracas. 

"Hari ini, atas keputusan Presiden Nicolas Maduro, kami telah menyampaikan kepada Isabel Brilhante yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi ketua delegasi Uni Eropa di Venezuela, sebuah deklarasi sebagai 'person non-grata'," ujar Arreaza, dilansir Aljazirah, Kamis (25/2). 

Baca Juga

Pada Senin (22/2), Uni Eropa menjatuhkan sanksi kepada 19 pejabat Venezuela yang dituduhnya "merongrong hak pemilihan oposisi" dan "pelanggaran serius hak asasi manusia" di negara itu. Saksi itu terdiri dari pembekuan aset dan larangan perjalanan. Sanksi ini dijatuhkan setelah sekutu Maduro memenangkan pemilihan legislatif pada Desember. Oposisi Venezuela menyatakan ada kecurangan dalam pemilihan legislatif tersebut. Uni Eropa mengatakan, sanksi itu dapat diubah dan tidak dimaksudkan untuk memberikan efek kemanusiaan.

"Langkah-langkah yang ditargetkan ini dirancang untuk tidak memiliki efek kemanusiaan yang merugikan atau konsekuensi yang tidak diinginkan bagi penduduk Venezuela, dan dapat dibatalkan," kata dewan Uni Eropa dalam sebuah pernyataan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement