Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Eks Ajudan SBY Bakal Raih Pangkat Bintang Tiga

Kamis 25 Feb 2021 10:35 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen Agus Rohman.

Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen Agus Rohman.

Foto: Pendam Pattimura
Pangdam Pattimura Mayjen Agus Rohman promosi menjadi Pangkogabwilhan III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen Agus Rohman mendapat promosi menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2009-2012 ini pun akan menyandang pangkat bintang tiga atau Letjen. Agus menggantikan posisi yang ditinggalkan Letjen Ganip Warsito.

Keputusan mutasi itu diteken Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/2). Agus merupakan satu dari 43 pati TNI AD yang terkena mutasi dan promosi.

"Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021tanggal 23 Februari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 114 perwira tinggi (pati) TNI terdiri dari 43 pati TNI AD, 38 pati TNI AL, dan 33 pati TNI AU," demikian rilis yang dikirimkan Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Rabu.

Selain itu, Insepektur Kostrad Mayjen Raden Tjahya Komara digeser menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Posisinya bakal ditempati Mayjen Ilyas Alamsyah yang saat ini menjadi dosen Universitas Pertahanan (Unhan).

Ilyas merupakan kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI pada era Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo. Selepas Gatot dicopot, Ilyas hanya menjadi staf khusus KSAD dan dosen Unhan. Kali ini, ia menduduki jabatan strategis sebagai Inspektur Kostrad atau orang nomor tiga di Kostrad.

Baca juga : SBY Ngaku Difitnah Soal Aksi 212 oleh Petinggi Bintang Empat

Direktur H Bais TNI Brigjen Bambang Siswanto dimutasi menjabat Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan I. Posisinya akan ditempati Brigjen Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Aspotwil Kaskogabwilhan I. Dengan begitu, Bambang dan Rafael hanyab bertukar posisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA